Lagi Lahan Gambut Terbakar Di Aceh Barat

oleh
Lagi Lahan Gambut Terbakar Di Aceh Barat

Meulaboh | Diliputnews – Kembali lahan gambut terbakar di kawasan jalan Generasi Kecamatan Johan Pahlawan kabupaten Aceh Barat, Sabtu (16/6).

Akibat cuaca panas di atas normal melanda wilayah Provinsi Aceh beberapa hari terakhir menyebabkan satu hektar lebih lahan gambut terbakar dan nyaris merambat kesejumlah rumah warga

Sebanyak tiga unit mobil pemadam kebakaran yang dikerahkan kelokasi , berupaya mencoba memadamkan kobaran api , dengan ke siagaan petugas yang di bantu masyarakat setempat api berhasil di padamkan yang nyaris membakar rumah warga setempat.

Satgas pemadam kebakaran dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat Mashuri ketika dijumpai Diliputnews.com mengatakan pihaknya sudah memadamkan api yang berkobar.

“Petugas akan tetap siaga dilokasi untuk memastikan kondisi api tidak kembali membara pasalnya kumpulan asap masih terus muncul karena yang terbakar itu adalah dibawah dasar rawa gambut,” Katanya.
M syarwani seorang warga setempat mengatakan kebakaran rawa gambut tersebut diduga bersumber dari percikan api rumah warga setempat , dan karena kondisi cuaca panas di atas normal dan tanah gambut api cepat menyebar dan meluas mendekati pemukiman warga.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Meulaboh-Nagan Raya menghimbau kepada masyarakat waspada dengan kondisi cuaca ekstrim melanda wilayah Aceh.

“Cuaca cerah untuk beberapa hari ini dengan suhu mencapai 33 derajat calcius dengan kelembapan antara 67 persen sampai 96 persen dengan kecepatan angin 26 km/jam,” kata Kepala BMKG Meulaboh.

Dari amatan Diliputnews.com hingga kini titik api masih terlihat, api terus meluas, kepulan asap masih terlihat selimuti Kota Meulaboh dan mengganggu jarak pandang pengguna jalan.