Pembangunan Lintas Meulaboh-Banda Aceh Dilanjutkan

oleh
Pembangunan Lintas Meulaboh-Banda Aceh Dilanjutkan

Meulaboh | Diliputnews – Pembangunan jalan lintas Meulaboh-Banda Aceh kembali dilanjutkan, setelah sempat terhambat beberapa waktu lalu akibat sengketa pembebasan tanah dengan warga Kecamatan Arongan Lambalek Kabupaten Aceh Barat.

Penjabat Bupati Aceh Barat Ridwan Hasan mengatakan, Saat ini sudah kembali dimulai pekerjaan dan targetnya empat bulan ke depan tuntas setelah pemerintah Kabupaten Aceh Barat membayarkan  biaya pemindahan bangunan warga yang digusur.

Jalan lintas Meulaboh-Banda Aceh sebelumnya diblokir warga seputaran Simpang Bhee, Kecamatan Arongan Lambalek, karena disinyalir badan jalan yang dibangun masih tanah warga.

“Awalnya masyarakat setempat meminta ganti rugi tanah antara Rp 5 juta sampai Rp 10 juta per orang, namun pemerintah daerah tak dapat memenuhi permintaan tersebut dan hanya dapat membayarkan biaya pembongkaran dan pemindahan bangunan yang tergusur. Sehingga masyarakat menerima solusi yang ditawarkan Pemkab,” jelas Pj Bupati.

Menurut Ia, pengerjaan proyek kucuran terakhir dana Multi Donor Fund itu harus dituntaskan sebelum masa anggaran 2012 habis, terlebih lagi sebagian badan jalan di kawasan setempat awalnya sudah mendapat hibah dari masyarakat.

Multi Donor Fund mengucurkan dana terakhir untuk pembangunan jalan lintas Provinsi Aceh itu sebesar Rp 330 miliar setelah warga berdomisili di Kecamatan Arongan Lambalek dan Samatiga menghibahkan tanah sepanjang sembilan kilometer dengan target pengerjaan sampai Oktober 2012 dan diresmikan pengerjaannya masa kepemimpinan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf.