Seni Nazam Hampir Punah Di Aceh

oleh
Seni Nazam Hampir Punah Di Aceh

Meulaboh | Diliputnews – Seni Nazam Aceh bukan hanya untuk menghibur namun sebagai media dakwah bagi umat islam, sebab banyak dalam syair-syair nazam yang menguak tentang sejarah dan perkembangan islam di dunia. Hal ini sangat mudah dimengerti dikalangan masyarakat Aceh.

Pelantun Nazam Aceh, Syeh Anwar kepada wartawan di Meulaboh, mengatakan nazam Aceh yang saat ini hampir punah sangat berguna bagi masyarakat awam, sebab di dalam lantunan nazam tersebut, banyak ilmu agama islam yang bisa di dapat, seperti sifat-sifat Allah dan Rasul yang menjadi lantunan nazam dengan syair yang indah, Jum at (15/6).

Menurut Syeh Anwar, lantunan nazam yang berbahasa Aceh itu selama ini hampir punah disebabkan banyaknya budaya luar yang begitu mudah masuk ke aceh, selain itu kurangnya kepedulian pemerintah terhadap budaya. Padahal banyak mamfaat yang bisa di dapat dari nazam tersebut.

“Misalnya orang ingin belajar sifat 20, di dalam nazam juga akan kita ceritakan, dan berbagai ilmu lainnya yang sering saya syairkan” katanya.

Syeh Anwar mengaharapkan kepada Pemerintah Aceh supaya mempedulikan Seni Nazam yang bersyair islami ini untuk terus berkembang di tanah rencong. sebab pada tahun 1961 seni Nazam terut membantu masyarakat mengenal ajaran islam pada tahun tersebut . harapnya.