Polres Aceh Barat Rekonstruksi Ulang Pembunuhan Mahasiswa

oleh
Polres Aceh Barat Rekonstruksi Ulang Pembunuhan Mahasiswa

Meulaboh | Diliputnews – Polres Aceh Barat Kamis (14/6), menggelar Rekonstruksi (reka ulang) pembunuhan terhadap seorang mahasiswa Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh,  yang terjadi di di sebuah rumah Gampong Pasi Jambu Kecamatan Kaway XVI, April 2012 lalu.

Pembunuhan terjadi karena dipicu minuman keras sebab di tempat kejadian telah ditemukan dua gelas yang berisikan minuman keras.

Dalam reka ulang tesebut sedikitnya terdapat 21 adegan yang mulai perjalanan korban ke rumah tersangka di gampong pasi jambu hingga membeli minuman keras dan kembali ke rumah tersebut untuk meneguk minuman tersebut antara tersangka dan korban.

Reka Ulang dimulai pada pukul 10:00 WIB, tersangka Muammar (22) mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian guna menghindari hal yang tak diinginkan.

Sementara korban Samsuri (23) diperankan oleh pihak kepolisian, dalam reka ulang tersebut, dan saksi langsung diperankan oleh Geuchik setempat dan tetangga.

Dari Pantauan Diliputnews.com, pada saat Rekonstruksi Ulang berlangsung , pihak keluarga korban sempat mengamuk ketika melihat tersangka di bawa masuk ke dalam rumah, namun hal tersebut langsung diamankan oleh pihak keamanan yang siap siaga diluar rumah tersebut.

Terungkap dalam Rekontruksi Ulang tersebut, sebelum korban di bunuh sempat terjadi keributan antara korban dan tersangka, dimana korban meminta agar sisa minuman keras itu dibawa pulang, namun tersangka melarangnya sehingga akhirnya korban di tusuk di bagian leher dan tewas di tempat.

Kapolres Aceh Barat AKBP Artanto kepada Diliputnews.com mengatakan reka ulang tersebut guna menerangkan suatu tindak pidana dan untuk kelengkapan formil berkas perkara yang akan dilimpahkan ke kejaksaan nantinya.

“Tujuan reka ulang ini untuk mengetahui ada kekurangan atau tidak, reka ulang juga mendatangkan 3 orang saksi, yakni Geuchik dan tetangga” ungkap Artanto.

Kapolres Aceh Barat juga menambahkan Rekonstruksi Ulang tersebut turut diundang juga dari Kejaksaan Negeri Meulaboh. Pengacara, Penyidik Polres Aceh Barat.