5 Keuntungan Dengan Mandi Air Dingin

oleh
Lima Keuntangan Mandi Dengan Air Dingin

Taukah anda mandi air dingin bisa menyehatkan tubuh kita, Mandi air dingin memang sering dihindari sebagian orang, karena takut masuk angin atau saat sedang sakit. Padahal, mandi dengan air dingin memberikan banyak manfaat bagi kesehatan lho.

Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda rasakan jika mandi dengan air dingin. Apa aja sih? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Melancarkan sirkulasi darah
Sentuhan air dingin yang mengenai kulit membuat pembuluh darah dibawahnya berkontraksi dan meningkatkan sirkulasi darah yang sangat penting untuk kesehatan jantung. Mandi air dingin dapat merangsang sistem peredaran darah, sehingga Anda terlihat muda dan segar.

Meredakan stres dan depresi
Menurut penelitian di Departemen Radiasi Onkologi di Virginia Commonwealth University School of Medicine, mandi air dingin merangsang titik biru di otak yang merupakan sumber utama noadrenaline. Naodrenaline merupakan bahan kimia yang membantu mengurangi depresi pada manusia. Jadi, mandilah air dingin setiap mengalami stres atau depresi.

Meningkatkan sistem imun
Penelitian membuktikan bahwa hidroterapi secara teratur menggunakan air dingin membantu memerangi penyakit. Terapi air dingin meningkatkan kekebalan tubuh dengan meningkatkan tingkat metabolisme yang pada akhirnya meningkatkan jumlah sel darah putih yang memberikan kekebalan pada tubuh.

Menjaga kesehatan kulit dan rambut
Air dingin mendetoksifikasi bahan berbahaya di kulit kita. Faktanya, air hangat menyebabkan kutikula dan pori-pori rambut terbuka, sementara air dingin melakukan hal sebaliknya. Jika kutikula dan pori-pori tertutup maka tidak akan ada kotoran di dalamnya. Sehingga, air dingin membuat kulit lebih bersih.

Mandi air dingin tidak hanya membuat rambut terlihat lebih bersinar tetapi juga mencegah rambut rontok dan ketombe karena air dingin mampu mengunci kutikula.

Meningkatkan kesuburan
Mandi air dingin secara teratur membantu dalam mengatur sistem endokrin dan mempromosikan sekresi hormon. Sedangkan, mandi air hangat meningkatkan suhu pada testis yang menyebabkan penurunan jumlah sperma.