LBH: Sengketa Lahan Aceh Singkil Polres Tebang Pilih

oleh
LBH: Sengketa Lahan Aceh Singkil Polres Tebang Pilih

Banda Aceh | Diliputnews – Wakil Direktur LBH Banda Aceh Alhamda SH,I, mengkritik penangkapan empat warga Aceh Singkil yang menduduki pendudukan lahan pada 22 Mei 2012, dan dijerat dengan Pasal 335 Kitab Undang Undang Hukum Pidana.

Menurut Alhamda, pasal tentang perbuatan tidak menyenangkan itu merupakan pasal karet dan tidak beralasan untuk dituduhkan kepada kepada empat warga Singkil itu.

Hal itu dikatakan oleh Alhamda ketika melakukan konferensi pers di Tower Coffe Simpang Lima Banda Aceh, Sabtu, 9 Juni 2012.

Menurut pengacara dari LBH Banda Aceh tersebut, pasal ini mensyaratkan harus ada pihak yang melaporkan terhadap perbuatan tidak menyenangkan tersebut. Terindikasi kuat, kata Alhamda, yang melaporkan tersebut adalah pihak perusahaan.

“Pertanyaannya, perbuatan tidak menyenangkan apa yang telah dilakukan oleh masyarakat. Mereka melakukan pendudukan tanah sendiri, bukan tanah HGU (Hak Guna Usaha) perusahaan,” kata Alhamda yang ditemani Kepala Divisi Advokasi Kontras Aceh, Hendra Saputra.

Alhamda juga mengutip Pasal 66 Undang Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup yang isinya: “Setiap orang yang memperjuangkan hak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat tidak dapat dituntut secara pidana dan perdata”.

Alhamda juga mengatakan bahwa kepolisian, khususnya Polres Aceh Singkil, tebang pilih dalam melakukan penegakan hukum terkait konflik masyarakat dengan PT Nafasindo.

“Pada 9 Mei 2011 masyarakat telah melaporkan dugaan penyerobotan lahan yang dilakukan PT Nafasindo, tapi hingga kini Polres Aceh Singkil tidak pernah serius menanganinya. Sedangkan laporan pihak perusahaan langsung ditindaklanjuti dengan menangkap empat warga. Ini namanya tebang pilih,” ujarnya.

Dalam konferensi pers di Simpang Lima itu, hadir juga beberapa mahasiswa dan masyarakat Aceh Singkil. Masyarakat Singkil yang datang ke Banda Aceh itu menunggu pertemuan antara DPRA dengan Polda Aceh dan Kanwil BPN pada hari Senin.