Angin Kencang Lambungkan Harga Ikan Di Aceh Barat

oleh
Angin Kencang Lambungkan Harga Ikan Di Aceh Barat

Meulaboh | Diliputnews – Perubahan cuaca mengakibatkan angin kencang yang melanda Pantai Barat Selatan Aceh sepakan terakhir, mengalami nelayan Aceh Barat tidak melaut kamis (7/6 ).

Sejumlah pedagang ikan mengeluh karena harga ikan drastis melonjak naik yang menyebabkan masyarakat mengurangi pembelian ikan seperti hari biasanya. Akibatnya, pedagang merasa merugi dengan kondisi ini.

Harga ikan melambung awalnya harga ikan rata – rata Rp. 17.000, – kini naik mencapai Rp 25.000, – per kilogramnya (Kg).

M. Yunus A (60) Kepada Diliputnews.com mengatakan selama angin kencang yang melanda Aceh Barat, nelayan tidak melaut. Karena ombak cukup besar mencapai 3 meter. “ takut kami kelaut badai cukup kencang di laut sana, apalagi jarak tempuh kami untuk mencari mencapai 120 Mil dari darat,” katanya.

“ Untuk mengisi waktu karena tidak melaut, kami memperbaiki kerusakan yang terjadi pada boat kami. Beberapa teman kami yang nekat pergi kelaut untuk mencari ikan, asil yang di peroleh tidak seperti biasanya dari 2 piber menurun menjadi 1 keranjang ,” kata yunus.

Selain itu Masri (35) seorang pedang ikan mengatakan harga ikan selama angin kencang ini naik dratis dikarenakan nelayan tidak melaut beberapa hari ini, “ persediaan ikan minim sedangkan permintaan meningkat, jadi tampa bisa di hindari harga ikan naik dari Rp 17.000,- menjadi Rp 25.000,- per Kgnya.

“ jika beberapa hari kedepan cuaca tidak norma stok ikan semakin menipis karena nelayan tidak melaut, di kawatirkan harga ikan bisa jadi harga ikan melambung terus,” tuturnya. **(AN/MC)