PWMR Sesali Pengusiran Wartawan di Gedung DPRK Nagan Raya

oleh
Dedi Iskandar | Ketua Persatuan Wartawan Meulaboh Raya (PWMR)

Meulaboh | Diliputnews – Ketua Persatuan Wartawan Meulaboh Raya (PWMR) Dedi Iskandar, menyesali pengusiran sejumlah wartwan oleh salah satu Staff Seketariat Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Nagan Raya.

Kejadian yang terjadi pada sidang paripurna Kamis, (7/5)di gedung DPRK Nagan Raya merupakan salah satu usaha menutupi hak publik melaui pemberitaan media.

Menurut Dedi Iskandar, larangan peliputan tidak seharusnya terjadi karena keberadaan para jurnalis merupakan salah satu bentuk publikasi melalui media. “Seharusnya ini tidak boleh terjadi, jika memang tertutup maka harus di himbau oleh pimpinan melalui pembukaan rapat,” katanya.

Selain itu ia juga menegaskan, tugas seorang insan pers telah diatur dalam undang – undang Pers serta dan kode etik jurnalis, jika ada pelarangan harus disebutkan dasar dengan jelas. “Setiap pelarangan liputan harus ada aturan yang jelas,” pungkas Dedi.

Ketua PWMR juga menyesali pelarangan liputan saat sidang di gedung DPRK Nagan Raya, karena disitu ada hak – hak masyarakat yang harus diberitakan terkait informasi persidangan yang dilakukan oleh DPRK.

“Karena masyarakat berhak tahu kegiatan DPR sebagai wakil rakyat, salah satunya melalui pemberitaan media” tambahnya.**(MAN/AF)