KKN Mahasiswa UTU Meulaboh Lakukan Penyulingan Air Payau

oleh
KKN Mahasiswa UTU Meulaboh Lakukan Penyulingan Air Payau

Meulaboh | Diliputnews – Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa Universitas Teuku Umar ( UTU) Meulaboh, Minggu (3/6), melaksanakan penyuluhan pengelolaan air payau menjadi air siap minum, tanpa ada dimasak, di Gampong Ceukok Marek, Kecamatan Kaway XVI, Aceh Barat.

Penglolaan air payau tersebut dengan menggunakan alat yang sederhana yakni seperti, pipa paralon, keran air, sayung, ijuk, dan arang tempurung.

Koordinator Desa (Kordes) Aidi kepada Diliputnews.com mengatakan kegiatan ini, merupakan program kami selama KKN, di tambah lagi dengan lokasi Desa setempat mendukung banyak payau.

“Kegiatan penyuluhan pengolahan air payau menjadi air bersih siap saji di Desa Ceukok Marek karena lokasi desa setempat yang lebih memang banyak payaunya,”ungkapnya.

Selain itu Aidi menambahkan Air payau yang mau diminum telah disaring tanpa perlu di masak, karena air tersebut sudah bersih dan terbebas dari kuman, unsur bakteri yang mengandung penyakit .

Kata Aidi, di Desa tempat ia KKN untuk air bersih memang langka, masyarakat setempat hanya menggunakan air sumur yang berwarna kuning, “Karena itu, kita melakukan penyuluhan bagi masyarakat, sehingga ke depan masyarakat sudah mampu menyaring air payau yang berbau tersebut menjadi air bersih,” tuturnya. **(AN)