Dinas Kelautan Aceh Barat Akan Bangun Pelabuhan Internasional

oleh
Dinas Kelautan Aceh Barat Akan Bangun Pelabuhan Internasional

Meulaboh | Diliputnews – Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh Barat mengungkapkan akan membangun pembangunan pelabuhan ikan bertaraf internasional pada tahun 2013 nantinya, Agenda yang di canangkan Dinas tersebut untuk membangun dermaga diproyeksikan akan menelan anggaran miliran rupiah.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh Barat Nasrita, mengatakan, dermaga ini bertujuan untuk pelabuhan khusus nelayan. “Ke depan nelayan di Aceh Barat memiliki pelabuhan pendaratan ikan yang lebih baik,” pungkasnya.

Pada tahun 2012 Pemerintah Aceh Barat sudah menyelesaikan survei desain awal dan akan menuntaskan survei Detail Enggeenering Design (DED), sehingga diharapkan tahun 2013 sudah dapat dimulai pengerjaan.

Untuk realisasi pembangunan, pemerintah daerah optimistis akan didukung oleh investor yang menanamkan modal membantu penyelesaiannya selain bantuan dari Kementrian Kelautan.

“Konsep kita, pengerjaan akan dapat dilaksanakan pada awal 2013, sebab potensi hasil kelautan di daerah ini sangat besar, sasaran kita para investor masuk dan mena Lebih lanjut dikatakan, pelabuhan Samudera IV tersebut berbentuk melingkar mulai dari kawasan Padang Seurahet hingga Meureubo, didalamnya akan dibentuk pendaratan kapal asing dan kapal lokal dapat melakukan bongkar muat.namkan modalnya disini,” kata Nasrita.

Nasrita meyakini, dengan adanya pelabuahan Samudra nanti, akan berdampak baik bagi keuangan pemerintah setempat. Sebab, kata dia, dengan pelabuhan tertaraf internasional, kapal-kapal nelayan asing juga akan merapat. “Ini jelas akan menyumbang PAD bagi Aceh Barat,” tuturnya. **(Q1)