Harga Ikan Di Aceh Selatan 100 Persen Naik

oleh
Harga Ikan Di Aceh Selatan 100 Persen Naik

Aceh Selatan | Diliputnews – Harga ikan di Kabupaten Di Kabupaten Aceh Selatan mengalami kenaikan mencapai 100%, sejak sepekan terakhir karena cuaca buruk di perairan barat selatan, hingga tadi malam (2/6) angin terus melanda dikabupaten tersebut.

Sejumlah pedagang ikan di pasar Kota Fajar dan Kedai Rundeng Kecamatan Kluet Selatan, Aceh Selatan menaikan harga ikannya sejak sepekan terakhir, bahkan kenaikan itu hingga 100 persen. Harga ikan jenis tongkol yang sebelumnya dijual Rp7.500,- per ekor dinaikan menjadi Rp15.000,-  dan Rp.20.000 per ekor.

Begitu juga ikan dipasar Kota Tapaktuan yang sebelumnya Rp10.000,- per ekor menjadi Rp15.000,- per ekor.

Sejumlah pedagang di pasar setempat mengatakan, pasokan ikan dari nelayan berkurang akibat tidak melaut karena cuaca buruk. hal itu memicu harga ikan yang dijual pedagang naik.

“Karena hasil tangkapan nelayan di laut berkurang karena banyak nelayan yang tidak melaut akibat cuaca buruk membuat harga ikan dipasar menjadi melambung,” kata Heri, seorang pedagang ikan setempat.

Naiknya harga ikan tersebut membuat masyarakat khususnya ibu rumah tangga mengeluh.

“Harga ikan naik, saya merasa terbabani, apalagi pendatan sehari – hari sekarang tidak menentu, ini membuat sulit dan terbebani, ungkap,” katanya Raminah, seorang ibu rumah tangga.**(AF)