Kapolda Aceh Diminta Jaga Wilayah Lautan Barat Selatan

oleh
Kapolda Aceh Diminta Jaga Wilayah Lautan Barat Selatan

Meulaboh I Diliputnews – Polisi Daerah (Polda) Aceh diminta untuk serius dalam penjagaan wilayah perairan lautan pantai Barat – Selatan Aceh. Hal tersebut disampaikan oleh Panglima Laot wilayah Barat – Selatan Aceh dihadapan Kapolda Aceh dalam kegiatan Ngopi Bareng, Kamis (31/5) di Cafe Taman Sari – Meulaboh bersama Nelayan.

Kapolda Aceh Irjen Pol, Drs. Iskandar Hasan, SH, MA dalam tanggapannya akan meningkatkan jumlah personil dan jika dibutukan akan meminta bantuan TNI AL dalam menjaga keamanan di laut, karena memang saat ini perairan Aceh sering dijarah oleh nelayan luar, sehingga menyebabkan kerugian triliyunan rupiah,” jelas Kapolda.

“Jika memang diperlukan, pihak polda Aceh juga menyurati Mabes Polri guna meminta bantuan melakukan operasi di perairan laut Pantai Barat Selatan Aceh, hal tersebut pernah dilakukan di wilayah perairan lautan Maluku.

Saat ini kepolisian Aceh juga terkendala dengan peralatan sehingga sering minta bantuan pihak TNI Angkatan Laut (AL) dalam mengamankan wilayah perairan lautan Aceh,” tambah Kapolda.

Selain itu pihak Nelayan juga mengeluhkan sering terjadinya konflik nelayan Aceh yang terjadi di perairan Lautan Singkil antara nelayan singkil dengan nelayan Sibolga – Sumatera Utara, karena persoalan yang sama yakni menjarah ikan. Bahkan penjarahan juga dilakukan oleh kapal-kapal yang ber bendera asing.

Selanjutnya, Ketua Dewan Pimpinan Pusat Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI), Let Muge Zainuddin Hamid dalam pertemuan tersebut juga mengatakan “Siap membantu untuk melobby pusat berkaitan dengan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), sehingga SPBU untuk Nelayan di Meulaboh bisa dibangun.**(AF)