Pencairan Dana Desa Tahap III di Abdya Rampung

  • Whatsapp
Pencairan DD Tahap III di Abdya Rampung/ Ilustrasi
banner 468x60

BLANGPIDIE,DILIPUTNEWS.COM – Pengajuan pencarian dana desa (DD) tahap III bagi 152 desa di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) tuntas dilakukan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pengendalian Penduduk dan Pemberdayaan Perempuan (DPMP4) Abdya, Drs Yusan Sulaidi Senin (17/12) mengatakan, selama ini pihaknya terus mendorong pihak desa yang belum mengajukan pencairan dana desa (DD) tahap III untuk segera dituntaskan.

Muat Lebih

banner 300250

Sejauh ini proses pengajuan pencairan DD tahap III telah rampung 100 persen. Meski sebelumnya ada beberapa desa yang agak terlambat dalam pengajuan proses pencairan.

DPMP4 sendiri telah mendorong pihak desa jauh-jauh hari guna menyelesaikan laporan pertanggung jawaban (LPJ) penggunaan anggaran di tahap II untuk pengusulan pencairan dana tahap III. Namun, secara umum banyak desa yang mengajukan pencairan anggaran dalam beberapa pekan terakhir.

Untuk 2018 kuncuran anggaran 152 desa dalam Kabupaten Abdya mencapai Rp.152 miliar lebih dengan rincian DD Rp.105 miliar lebih, anggaran dana gampong (ADG) Rp.46,5 miliar lebih dan dana bagi hasil pajak dan restribusi kabupaten (BHPRK) sebesar Rp. 984 juta.

Lebih lanjut dikatakan, pencairan ditahap III ini sebanyak 40 persen. Jadi dana tersebut harus segara dimanfaatkan dan tidak boleh tersimpan dalam khas desa melebihi 30 persen dari total anggaran yang ada dalam tahap III.

Sementara jika ada kegiatan fisik yang tidak bisa terlasana dalam tahun ini, bisa dilanjutkan di tahun mendatang. Itu semua ada prosedur yang mengatur. (putra)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60