Ratusan Guru di Abdya Peringati HUT PGRI

7
Wakil Bupati Abdya, Muslizar MT menyerahkan bingkisan serta penghargaan kepada para guru usai apel peringatan PGRI ke-73 dan Hari Guru Nasional di halaman kantor bupati setempat, Senin (3/12).

BLANGPIDIE,DILIPUTNEWS.COM – Ratusan guru di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Senin (3/12) memperingati hari jadi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-73 yang dipusatkan di halaman kantor bupati setempat. Para guru, pelajar, serta unsur terkait lainnya larut dalam suasana haru saat apel pengibaran bendera.

Wakil Bupati Abdya, Muslizar MT saat bertindak sebagai pembina apel menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas dedikasi, komitmen, dan segala ikhtiar yang telah dilakukan para guru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, khususnya putra-putri Abdya. Dalam kesempatan itu, dia mengajak seluruh masyarakat untuk berdoa semoga martabat guru semakin dijunjung tinggi seiring dengan meningkatnya profesionalisme, yang diikuti dengan peningkatan kesejahteraan, dan dedikasi dalam menjalankan tugas mulianya.

“ Saya mengajak para guru dalam mendidik siswa di sekolah untuk tetap menerapkan asas disiplin dan menjadi seorang guru atau pendidik yang mempunyai perilaku baik sehingga dapat dicontoh oleh para peserta didiknya,” imbuhnya.

Momentum peringatan PGRI dan Hari Guru Nasional tahun 2018 ini harus dijadikan sebagai rasa syukur, karena rahmat dan anugerah-Nyalah hari ini masih bisa berkhidmat dan mengabdikan diri di dunia pendidikan demi kemajuan dan kecerdasan putra-putri bangsa.

Menurutnya, walaupun teknologi informasi berkembang demikian cepat dan sumber-sumber belajar begitu mudah diperoleh, peran guru sebagai pendidik tidak tergantikan oleh kemajuan teknologi tersebut. Tugas utama guru adalah mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi setiap peserta didik.

Oleh sebab itu, profesi guru sangat lekat dengan integritas dan kepribadian; guru tidak hanya bertugas untuk mentransfer ilmu pengetahuan kepada peserta didiknya. Tugas guru sebagai pendidik adalah menanamkan nilai-nilai dasar pengembangan karakter peserta didik dalam kehidupannya, termasuk dalam pemanfaatan kemajuan teknologi informasi secara bijak serta sebagai inspirator bagi anak didiknya.

“Peningkatan profesionalisme guru menjadi penting karena hal itu merupakan salah satu syarat utama dalam perwujudan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter serta menguasai kecakapan sesuai yang dibutuhkan,” paparnya.

Usai menggelar apel peringatan hari guru tersebut, Wabup Abdya Muslizar MT berksempatan menyerahkan penghargaan kepada guru dan hadiah kepada para pemenang lomba yang digelar PGRI Abdya dalam rangka memeriahkan peringatan hari jadi organisasi dimaksud. Selain itu, suasana haru semakin terlihat saat Wabup Abdya meminta para guru membentuk sebuah barisan untuk saling bersalaman.

Apel peringatan PGRI tersebut turut dihadiri forum komunikasi pimpinan kabupaten (Forkompinkab), Sekda Abdya, para asisten, staf ahli, kepala satuan kerja perangkat kabupaten (SKPK), pengurus PGRI Abdya, camat serta undangan lainnya. (Putra)