Satpolair Polres Abdya Bersihkan Pantai

15
Kasatpolair Polres Abdya, Ipda Robert Hutahayan memberikan arahan kepada nelayan saat akan memulai kegiatan pembersihan pantai di kawasan PPI Ujung Serangga Kecamatan Susoh, Jumat (30/11).

BLANGPIDIE,DILIPUTNEWS.COM – Satuan Kepolisian Perairan (Satpolair) Polres Aceh Barat Daya (Abdya), Jumat (30/11) melakukan kegiatan bhakti sosial membersihkan pantai di kawasan Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Ujung Serangga Kecamatan Susoh. Kegiatan tersebut melibatkan pihak Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Abdya, Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Susoh Kelas III, Pos TNI AL (Posal), Panglima Laut Abdya serta para nelayan setempat.

Kapolres Abdya, AKBP M Basori SIK melalui Kasatpolair, Ipda Robert Hutahayan mengatakan, bersih-bersih pantai dilaksanakan dengan pengumpulan sampah-sampah disekitar pantai dan pelabuhan perikanan yang ditampung dalam kantong-kantong pelastik, termasuk sampah yang mengapung di laut. Setelah terkumpul sampah itu dibuang ke tempat pembuangan akhir.

Kegiatan ini juga sebagai upaya khususnya pihaknya terutama dalam hal memiliki rasa kepedulian yang tinggi terhadap kebersihan lingkungan baik itu lingkungan tempat tinggal maupun lingkungan kerja. Selain itu, giat bhakti sosial pembersihan pantai dengan menggandeng unsur terkait lainnya itu juga dalam rangka peringatan HUT ke-68 Korpolairud.

“Kondisi laut Abdya saat sangat mengkhawatirkan yang disebabkan aktivitas pembuangan sampah oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. Maka dari itu, rutinitas membersihkan sampah harus dipertahankan, sehingga wilayah Abdya bebas dari sampah dan penyakit,” ujarnya.

Masyarakat termasuk para nelayan harus berperan aktif dalam menjaga kebersihan laut dan pantai. Pedagang juga tidak boleh membuang sampah dagangannya disembarang tempat. Sebab, kompleks PPI ini tidak hanya tempat aktivitas para nelayan, namun juga lokasi objek wisata yang saban hari ramai dikunjungi. Jadi keindahan dan kebersihannya harus tetap terjaga.

Disela-sela kegiatan tersebut, dia menghimbau masyarakat termasuk nelayan untuk tidak membuang sampah terutama yang berjenis pelastik di bibir pantai maupun ke laut. Kegiatan ini juga bagian dari mengkampanyekan program kebersihan lingkungan, pantai dan laut. Upaya yang dilakukan ini supaya masyarakat tidak membuang sampah di sembarang tempat mulai dari pantai dan laut serta tetap peduli lingkungan.

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan bersih-bersih pantai khususnya di pesisir Abdya harus rutin dilaksanakan, sehingga pantai tersebut selalu bersih apalagi pantai yang ada di Abdya seperti Jilbab, Cemara Indah, Bali, Ujung Manggeng dan sejumlah lokasi lainnya sudah menjadi lokasi objek wisata bahari serta kerap dikunjungi oleh wisatawan.

“Tidak boleh membuang sampah di sembarang tempat, apalagi di laut yang berakibat akan merusak ekosistem dan biota laut dalam berkembang biak,” ujarnya.

Kepala DKP Abdya, Asmir Agus dalam kesempatan itu menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan bersih-bersih pantai yang digagas Satpolair Polres Abdya. Menurutnya, upaya pembersihan pantai harus menjadi kegiatan rutin dan dilakukan secara bertahap dengan melibatkan unsur terkait hingga nelayan.

Kerja bhakti ini terkandung harapan dan tujuan agar semua warga nelayan ataupun siapa saja ingat akan kebersihan lingkungan yang ada di sekitar pantai, yang dapat membawa dampak kotor dan jorok sehingga akan merusak citra keindahan, kenyamanan pesisir pantai di Abdya.

“Dukung penuh tentunya atas apa yang digagas Satpolair Polres Abdya. Melalui kegiatan ini masyarakat dan nelayan akan memahami, betapa pentingnya sebuah nilai kebersihan lingkungan. Kami sepakat, kegiatan bersih-bersih ini harus rutin dilakukan, sehingga menjadikan lingkungan tetap sehat,” tututnya.(Putra)