Polisi Ciduk Pemilik Paket Sabu di Abdya

109
Tiga tersangka pemilik 27 paket sabu saat diamankan di ruang Res Narkoba Polres Abdya, Selasa (27/11)

BLANGPIDIE,DILIPUTNEWS.COM – Tim Opsnal Reserse Narkoba Polres Aceh Barat Daya (Abdya), Selasa (27/11) berhasil menciduk AG (30) pemilik 27 paket sabu dengan berat total 9,00 gram warga Desa Alue Seulaseh Kecamatan Jeumpa. Selain menciduk AG, polisi juga menangkap dua rekannya yakni Sm (27) dan Kr (22) yang juga warga Alue Seulaseh.

Kapolres Abdya, AKBP M Basori SIK melalui Kasat Narkoba Ipda Mahdian Siregar mengatakan, penangkapan pemilik barang haram itu dibantu laporan dari masyarakat. Mereka tidak bisa berkutik saat polisi menangkap dirinya. Polisi menemukan 27 paket sabu di rumahnya.

“Berbekal informasi akan adanya transaksi narkoba di wilayah setempat, Tim Opsnal Satres Narkoba langsung bergerak ke TKP untuk memastikan keberadaan pelaku beserta barang bukti sabu,” ujarnya.

Setiba di TKP, ketiga pelaku tidak bisa melawan, bahkan salah satu dari mereka ada yang mencoba untuk menghilangkan barang bukti dengan cara membuang ke ruangan dapur rumah tersebut. Sayangnya, pergerakan pelaku dapat terlihat oleh anggota. Sabu yang dibuang ke ruang dapur sebanyak 21 paket langsung diamankan anggota. Sedangkan 6 paket lainnya, ditemukan pada saat menggeledah kamar pelaku.

Selain mengamankan 27 paket sabu, polisi juga mendapatkan seperangkat alat hisap yang baru saja digunakan pelaku berupa satu buah bong dan mancis serta beberapa unit telepon genggam milik pelaku untuk dijadikan barang bukti.

Pasca penangkapan, ketiga pelaku langsung dibawa ke Rumah Sakit Umum Tengku Peukan (RSUTP) Abdya guna dilakukan tes urine. Hasilnya, mereka positif sebagai pemakai sabu. Atas perbuatan melawan hukum itu, ketiga tersangka dijerat dengan Pasal 112 ayat (1) dan (2) sub Pasal 114 ayat (1) Undang-Undang Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman kurungan maksimal 20 tahun dan minimal 4 tahun ditambah denda paling sedikit Rp.800 juta hingga Rp.10 miliar.(putra)