Petugas Gabungan, Copot APK Langgar Aturan di Aceh Barat

37

DILIPUTNEWS.COM, MEULABOH – Petugas gabungan dari Bawaslu, Polisi, Satpol PP, dan Panwascam di Kabupaten Aceh Barat menertibkan ratusan lembar Alat Peraga Kampanye (APK) Pemilu 2019, Rabu (21/11/2018).

Penertiban ini dilakukan karena melanggar aturan sesuai hasil kesepakatan bersama beberapa waktu lalu tentang zona bersih APK di seputaran Kota Meulaboh.

Dilokasi, petugas menertibkan APK di kawasan Jalan Teuku Umar, Jalan Nasional, dan Jalan Imam Bonjol di Kecamatan Johan Pahlawan. Tim gabungan juga menyisir sejumlah lokasi lain di kawasan Kota Meulaboh.

Petugas mencopot semua APK yang dipasang di tiang listrik, pohonan, trotoa jalan Nasional dan persimpangan lorong masuk permukiman warga

Ketua Bawaslu Aceh Barat, Romi Juliansyah mengatakan, penertiban itu dilakukan lantaran pemasangan APK yang tidak sesuai aturan merusak keindahan kota.

“Yang kita tindak hanyalah APK yang dipasang tidak sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan KIP, yang tidak memerhatikan estetika, etika dan keindahan kota,” ujar Romi.

Sebelum penertiban, kata Romi, Bawaslu Aceh Barat telah menyurati setiap partai politik untuk menurunkan APK yang dipasang sembarang. Namun hingga penindakan dilakukan imbauan itu tidak di gubris.

“APK itu disimpan di kantor Bawaslu, jika ada pihak partai yang ingin mengambil kembali, akan kita berikan. Dengan syarat menandatangi berita acara yang telah kita siapkan,” kata Romi.