Mantan Gam Aceh Barat Serahkan Senjata Api Ke TNI

  • Whatsapp
Mantan Gam Aceh Barat Serahkan Senjata Api Ke TNI
banner 468x60

MEULABOH,DILIPUTNEWS.COM – Seorang mantan anggota Gerakan Aceh Merdeka (GAM) di Kecamatan Panton Reu, Kabupaten Aceh Barat, Minggu (11/11) menyerahkan sepucuk senjata api (Senpi) laras pendek, beserta lima butir peluru kepada TNI.

Senjata bekas konflik yang di bawa menggunakan sebuah perahu tersebut, diterima langsung oleh Komandan Kodim (Dandim) 0105/ Aceh Barat Letkol Kav Nurul Diyanto da selanjutnyya di bawa ke Posko Satgas TMMD ke 103 di Desa Antong.

Muat Lebih

banner 300250

“Senjata ini sudah lama disimpan oleh warga itu, dengan ditanam di dalam hutan Kecamatan Panton Reu,” kata Nurul Diyanto.

Menurut Dandim, Penyerahan senjata ini dilakukan secara suka rela, usai mereka merasa akrab bersama TNI saat melaksanakan program pembangunan daerah terpencil.

Meski demikian, kepada media, Nurul menolak membeberkan identitas pemilik senjata, lantaran dinilai mampu membahayakan keselamatannya.

”Yang paling utama masyarakat mulai percaya. Dan kami akan melakukan pembangunan bersama-sama,” jelasnya.

Selain Senpi, mantan kombatan GAM ini, juga turut menyerahkan dua lembar bendera bulan bintang yang selama ini, ia tempelkan di dinding rumahnya. Penyerahan ini dilakukan, usai istrinya selalu mendesak untuk memberikan Senpi bekas konflik tersebut kepada TNI.

”Pengakuannya, usai penyerahan mereka legah, karena tidak ada beban lagi yang masih di simpan,” ungkap Dandim.

Sementara untuk londisi Senpi sisa konflik ini, tergolong masih berfungsi, meskipun terlihat berkarat setelah terlalu lama tertanam dalam tanah. “Saat Senpi sudah disimpan untuk diteliti mengingat senjata sudah berkarat karena lama ditanam dalam tanah,” bebernya.

Dandim kepada masyarakat yang masih menyimpan senjata sisa konflik Aceh, dapat berkoordinasi dengan pihaknya. Karena dikhawatirkan dapat dimanfaatkan bagi orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

“Kalau ada masyarakat yang masih menyimpan, mumpung kita masih ada di sini, mungkin dapat dikoordinasikan untuk penyerahan ke Posko TMMD ke-103 Aceh Barat,” pintanya.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60