Jalan Menuju Makodim Abdya Terancam Amblas

14
Badan jalan kompleks perkantoran menuju Makodim 0110/Abdya longsor. Kondisi tersebut semakin mengkhawatirkan dan membahayakan pengguna jalan, Jumat (9/11).

BLANGPIDIE,DILIPUTNEWS.COM – Badan jalan kompleks perkantoran menuju Makodim 0110/Aceh Barat Daya (Abdya) longsor dan terancam amblas ke dasar lembah. Longsornya badan jalan tersebut akibat tidak mampu menahan gerusan air yang disebabkan tingginya intensitas hujan di wilayah setempat.

Jufri petani di kawasan setempat Jumat (9/11) mengatakan, longsornya badan jalan ini sudah semakin parah, sebab hampir setengah badan jalan telah ambruk ke dasar lembah. Menurutnya, badan jalan itu telah dua kali mengalami longsor.

“Awalnya badan jalan ini memang telah longsor, namun belum begitu parah. Dalam beberapa hari yang lalu longsor kembali terjadi dan mengakibatkan kerusakan badan jalan yang lumayan parah,” paparnya.

Warga dan pengendara termasuk personel Kodim 0110/Abdya yang melintasi jalan tersebut harus lebih berhati-hati. Sekilas terlihat dari kejauhan, kondisi jalan masih mulus dan tidak terlihat adanya badan jalan yang telah ambruk. Namun, ketika dilihat dari jarak dekat, hampir setengah material penimbun badan jalan telah amblas serta terbawa air.

Zulmas salah seorang pengendara mengaku khawatir dengan kondisi badan jalan tersebut. Apalagi hujan dengan berbagai intensitas dalam setiap hari mengguyur wilayah Abdya. Jika tidak segera ditanggulangi, tentu kerusakan jalan akan semakin parah bahkan bisa membuat jalan tersebut putus total.

Untuk saat ini jalan tersebut masih bisa dilalui kendaraan, namun harus lebih berhati-hati. Sebab kondisinya sudah sangat parah, dikhawatirkan akan ambruk lagi.

Secara terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Abdya, Amiruddin mengatakan, sebelumnya badan jalan tersebut telah ditanggulangi secara darurat pasca terjadinya longsor akibat digerus air hujan. Dengan memasang pancang bambu serta karung berisi pasir untuk mengamankan badan jalan dari kikisan air.

Namun, hujan beberapa hari terakhir telah mengakibatkan badan jalan tersebut longsor kembali. Bahkan tiang pancang dan pengaman pendukung lainnya yang telah terpasang ikut ambruk. Menurutnya, kondisi badan jalan tersebut memang sudah sangat mengkhawatirkan, bahkan pihaknya telah melaporkan terkait kondisi itu kepada pimpinan.

Akan hal itu, pihaknya menghimbau kepada pengguna jalan agar lebih berhati-hati saat melintasi titik longsor dimaksud, apalagi disaat malam hari. Sebab longsornya badan jalan ke tingkat yang lebih para bisa terjadi kapan saja.

“Kami akan ke lokasi, untuk melihat secara langsung kondisi badan jalan dan diupayakan cara yang terbaik. Saat ini saya sedang di Banda Aceh untuk keperluan dinas,” tuturnya. (Putra)