Dua Tersangka Korupsi Uang Daerah Ditangkap

848
Kapolres ACeh Barat, AKBP Bobby Aria Prakasa (Tengah), Kasat Resrkim Iptu M Isral (Kiri) dan Kbo Reskrim Ipda P. Pangabean (kanan) memperlihatkan barang bukti uang yang dikembalikan pihak ke tiga.

MEULABOH, DILIPUTNEWS.COM – Satuan Reserse Kriminal (Sat REskrim) Polres Aceh Barat menangkap dua tersangka korupsi dana Perusahaan Daerah (PD) Pakat Beusare. Kedua tersangka diduga menggunakan dana perusahaan daerah itu untuk keperluan bisnis pribadi.

Kedua tersangka yakni mantan Direktur Utama Pakat Beusare, Sofyan Suri; dan Direktur Administrasi dan Keuangan, Rahmat Ashari. Keduanya ditangkap pada 12 Oktober 2018.

“Sofyan Suri ditangkap di rumahnya di Desa Gampa, dan Rahmat Ashari di Desa Ujong Kalak. Keduanya saat ini sudah ditahan,” kata Kapolres Aceh Barat AKBP Bobby Aria Prakasa, Selasa (16/10/2018).

Dalam kasus ini, kata Kapolres, kerugian negara mencapai Rp 1,74 miliar lebih dari total anggaran Rp 2,5 miliar.

Dari jumlah itu, penyidik berhasil mengembalikan kerugian negara senilai Rp 331 juta.

“Anggaran PD Pakat Beusare bersumber dari penyertaan modal pemerintahan kabupaten Aceh Barat APBD 2006,” kata Kapolres.

Kata dia, para tersangka melakukan penyalahgunaan wewenang. Dimana dana yang dialokasikan untuk modal usaha kelompok tetapi digunakan untuk kepetingan bisnis pribadi.

“Kita sedang mengembangkan aliran dana tersebut, tidak menutup kemungkinan akan ada tersangka lain,” terangnya.

Para tersangka dikenakan Pasal 2 dan 8 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang perubahan atas Undang-undang RI Nomor 31 Tahun 1999 Tentang Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 ayat ke 1 KUHPidana.