PKH Kaway XVI Dorong Pengetahuan Tentang Kesehatan

70
Dorong Pengetahuan Kesehatan PKH Kaway XVI Gelar Cerdas Cermat

MEULABOH, DILIPUTNEWS.COM – Guna meningkatkan kepedulian terhadap kesehatan dan pendidikan dikalangan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) kecamaran Kaway XVI, Kabupaten Aceh Barat Unit Pelaksana PKH Kecamatan setempat melaksanakan kegiatan PKH Pro Kaway XVI.

Kegiatan tersebut berlangsung sejak Jumat, 12 Oktober hingga Minggu, 14 Oktober
Ketua Panitia pelaksana kegiatan PKH Pro Kaway XVI, Muhammad mengatakan, guna menari minat KPM mengikuti kegiatan itu pihaknya mengemas kegiatan tersebut dengan berbagai rangkaian perlombaan.

“Perlombaan yang kita lakukan seperti lomba rangking satu bagi siswa tingkat SMP se Kaway XVI khusus anak KPM PKH, lomba cerdas cermat terkait pengetahuan bidang pendidikan dan kesehatan bagi KPM,” kata Muhammad, Jumat, (12/10) usai membuka kegiatan PKH Pro Kaway XVI.

Selain itu, kata dia, dalam kegiatan yang berlangsung selama tiga hari itu juga dilaksanakan lomba makanan sehat kreasi baru lomba hias makanan serta jalan santai dan senam jantung sehat sebagai penutup dan pembagian hadiah yang akan dihadiri 1700 orang dari semua anggota PKH di Kaway XVI.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, kata dia, diharapkan kedepannya dapat menjadi motivasi bagi KPM PKH dalam menanamkan pola hidup sehat dilingkungan keluarga dan juga minat belajar bagi anak-anak mereka maupun keluarga KPM tersebut.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Kabupaten Aceh Barat, Syarifah Junaidah, berharap kehadiran program PKH dari Kementrian Sosial RI itu dapat menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Aceh Barat, dan mensejahterakan masyarakat.
“Target dinas sosial untuk menurunkan angka kemiskinan dan mensejahterakan rakyat, semoga PKH ini menjadi menjadi harapan rakyat. Hal ini juga sesuai dengan misi dan visi Bupati yaitu Memperdayakan ekonomi kerakyatan,” kata Syarifah.

Sedangkan Koordinator Kabupaten PKH Aceh Barat, Safrianti, mengatakan kegiatan yang dilaksanakan oleh UPPKH Kecamatan Kaway XVI tersebut merupakan salah satu materi kegiatan yang harus dimasukkan dalam pertemuan dengan KPM dampingan.

Menurutnya, materi tentang kesehatan dan pendidikan merupakan materi yang diwajibkan oleh Kementrian Sosial bagi pendamping kepada para KPM, lantaran dengan mendorong peningkatan kualitas kesehatan dan pendidikan bagi para KPM juga bagian dari meningkatkan kesejahteraan.

“Kegiatan ini sebenarnya bagian strategi yang dilakukan pendamping. Untuk memberikan materi terhadap para KPM memang harus ada cara-cara inovatif seperti Pro PKH Kaway XVI,” ujarnya.

Selain dari kegiatan tersebut, dalam memberikan pemahaman pendidikan juga ada kegiatan lain yang dilakukan oleh pendamping, dan kegiatan tersebut menjadi kewenangan dari pendamping setiap kecamatan melakukannya.

Dirinya mencontohkan di Kecamatan Woyla baru- baru ini juga melaksanakan kegiatan pendidikan bahaya narkotika dan obat-obatan terlarang atau narkoba bagi remaja SMA yang merupakan KPM PKH.