Tingkatkan Penerapan Syariat Islam, Aceh Barat Bentuk Kampung Muslimin

138
Pemerintah Kabupaten Aceh Barat menggelar Seminar Kampung Keluarga Muslimin, Kamis (11/10).

MEULABOH, DILIPUTNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat dalam waktu dekat ini akan membentuk kampung muslimin. Pembentukan tersebut dilakukan guna menunjang keberhasilan dalam penerapan syariat islam di Bumi Teuku Umar ini.

Bupati Aceh Barat, H Ramli MS, mengatakan kampung Keluarga Muslimin (KKM)  menjadi harapan semua pihak yang menginginkan adanya pembentukan kampung muslimin ini.

Selain itu, program demikian juga merupakan Implementasi visi dan misi bupati yang menjadi pilot projek 35 gampong (desa) di kabupaten tersebut.

Untuk mewujudkannya, Pemerintah Kabupaten setempat Kamis (11/10) pagi menggelar seminar kampung keluarga muslimin. Kegiatan yang dilaksanakan di aula Bappeda dan diikuti ratusan masyarakat sehingga yang menjadi kebutuhannya dapat mereka serap dari narasumber atas paparannya.

Dikatakannya, penerapan konsep syariat islam pada kampung muslimin yang terbentuk meliputi beberapa hal yang harus dikerjakan untuk mencapai keberhasilan seperti yang direncanakan oleh pemerintah. Anak-anak yang masih berumur 12 Tahun dituntun untuk bisa melaksanakan shalat jenazah, Hafizh Quran.

Sedangkan bagi para wanita berhijab secara benar, dan kebiasaan usai magrib mengaji di setiap rumah. Kemudian, pada kampung muslimin harus dibina bidang kesehatan, para kaum pemuda jauh dari Narkoba.

“Kita harapkan, kampung muslimin menjadi pilot projek bagi daerah lain,”tandas Ramli MS, usai pemaparan konsep kampung muslimin di Aula Bappeda Aceh Barat.