Curah Hujan Tinggi, Tiga Kecamatan Aceh Barat Dikepung Banjir

120
Curah Hujan Tinggi, Tiga Kecamatan Aceh Barat Dikepung Banjir

MEULABOH, DILIPUTNEWS.COM – Tingginya curah hujan beberapa hari terakhir, mengakibatkan tiga Kecamatan di Kabupaten Aceh Barat di rendam banjir. Akibatnya sebagian warga terpaksa mengungsi.

“Sebanyak 147 penduduk di Desa Pasie Leuhan, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat terpaksa mengungsi akibat rumah mereka terendam banjir luapan dengan ketinggian air 60 sampai 80 centimeter,” Kata Kepala Desa Pasie Leuhan, Sofyan Rasyid, Rabu (10/10/2018).

Dikatakannya, kondisi demikian sudah empat kali melanda Desa Pasie Leuhan dalam kurun waktu selama bulan Oktober 2018 ketika hujan deras mengguyur. Bencana tersebut menjadi yang terparah dari sebelumnya karena airnya hampir mencapai dua meter.

Ia menyampaikan, tidak ada korban jiwa atas musibah banjir yang melanda desa mereka, begitu pun harta benda sudah warga amankan sebelum air bah sungai memasuki pekarangan rumah mereka yang berada di desa tersebut.

Ia perkirakan, air banjir ini akan terus meninggi mengingat intensitas curah hujan yang masih tinggi menyusul air sungai yang berada dekat dengan desa itu terus meluap. Karenanya, dirinya berharap kepada warganya agar terus waspada terhadap bencana tersebut, karena desa yang ia pimpin itu rawan terjadinya banjir.

“Saya sudah sampaikan kepada warga untuk mengungsi ke tenda yang didirikan oleh BPBD Aceh Barat di lokasi jembatan desa ini. Lokasi tersebut lebih aman dibandingkan bertahan dirumah dalam keadaan terendam banjir,”harapnya.

Sementara itu petugas BPBD Aceh Barat, mencatat data sementara di lapangan banjir sudah mengepung tiga desa di Kecamatan Johan Pahlawan dan satu desa di Kecamatan Meureubo, banjir diperkirakan terus bertambah menyusul curah hujan yang masih terus mengguyur hingga sore ini.(red)