Kebohongan Ratna Sarumpaet Dicurigai Skenario Politik Kubu Prabowo

33
Kebohongan Ratna Dicurigai Skenario Politik Kubu Prabowo

JAKARTA, Kebohongan Ratna Sarumpaet diyakini sebagai bagian dari skenario politik kubu Prabowo. Kebohongan itu dianggap sebagai bagian dari skenario yang gagal dan prematur. Ratna dianggap bukan masalah dan pemain utama pada skenario tersebut.

“Ini bukan salah Ratna saja. Dia secara pribadi bukan masalah utama. Karena dia cenderung diam. Dia sampaikan ke orang-orang oposisi itu di ruang tertutup. Yang bikin jadi politis adalah kobferensi pers yang dilakukaan kubu Prabowo,” ujar analis politik Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) Boni Hargens, dalam diskusi diskusi Politik Kebohongan dan Demokrasi Elektoral, di Jakarta, Sabtu (6/10).

Boni meyakini Ratna tidak bekerja sendiri. Cerita bohong pengeroyokan Ratna diyakini Boni sebagai kerja kolektif untuk menjatuhkan kubu petahana.

“Saya melihat ada satu garis desain yang sudah kelihatan. Itu juga terlihat dari tiket Ratna ke Chile dari pemda DKI,” ujar Boni.

Boni mengatakan, dirinya tidak percaya dengan pengakuan Ratna jika dirinya hanya melakukansebuah kesalahan fatal.

Skenario paling mungkin menurut Boni ialah jika kubu oposisi berniat membuat cerita pengeroyokan untuk menimbulkan kebencian pada kubu petahana. Tanggal pengungkapan kejadian tersebut, 2 Oktober 2018 dipilih agar jarak antara mencuatnya kasus dengan tanggal keberangkatan Ratna ke Chile tidak berjarak terlalu lama.

“Saya melihat ada energi kebencian. Ketika mereka gagal di politik identitas, lalu mereka bermain arah situ. Jadi persoalan kebohongan ini bukan hanya soal Ratna tapi sudah masuk masalah politik yang dijadikan isu kampanye yang dimainkan kelompok oposisi,” ujar Boni.

Dirinyaa berharap polisi dapat mengungkap dengan jelas motif dari masalah tersebut. Dengan begitu, masa kampanye dapat dilakukan degan fair dan damai tanpa ada bumbu hoaks yang beredar di masyarakat.