Pencuri Kotak Amal Masjid Antar Kabupaten Diringkus

209
Pencuri Kotak Amal Masjid Antar Kabupaten Diringkus

MEULABOH, DILIPUTNEWS.COM – Aparat Kepolisian Sektor (Polsek) Samatiga Kabupaten Aceh Barat, berhasil meringkus pelaku pencurian kotak amal Mesjid antar Kabupaten, di Desa Cot, Kecamatan Samatiga, dari tangan pelaku polisi berhasil menyita barang uang tunai Rp.6 juta lebih.

“Pelaku berinisial MN (42) ini diringkus petugas setelah mencuri kotak amal Masjid, pelaku tercatat sebagai warga Desa Meunasah Kecamatan Muara Dua, Kota Lhoksemawe,” kata Kapolsek Samatiga, Ipda Bendi Suryanto, yang didampingi Kanit Reskrim Bripka Teuku Arifandi. Kamis (04/10/2018).

Bendi Suryanto menjelaskan, modus tersangka saat itu berpura-pura hendak berkunjung ke salah satu sanak keluarganya yang berada di Meulaboh, sebelum dirinya tertangkap. Namun, sesampai di wilayah Kecamatan Samatiga, MN bersinggah di Mesjid Desa Cot, tanpa berpikir panjang ia curahkan niat jahatnya untuk membawa kabur celengan amal setelah dirusaknya.

“Aksi pelaku, awalnya tidak diketahui warga, rencananya pelaku akan membawa kabur Celengan Masjid itu dengan menggunakan sepeda motor yang di balut dengan kain selimut, namun karena panik aksi pelaku berhasil di gagalkan,” jelasnya.

Sehingga pelaku tidak sempat bawa kabur hasilnya malahan sepmornya ditinggal pelaku karena panik sudah ketahuan.

“Saat ketahuan, pelaku dengan terpaksa melarikan diri dengan tangan kosong. Dia sempat lari dan bersembuyi pada semak-semak karena dikejar warga, lalu tak lama kemudian pelaku langsung diamankan”ujarnya.

Dari tangan tersangka, pihak polisi mengamankan satu unit sepeda motor, satu unit palu/martil, satu buah pahat besi, satu buah gembok, linggis, satu lembar kain sarung, satu utas karet dan satu kotak amal masjid warna hitam berisikan uang sejumlah Rp6 juta lebih.

Atas perbuatannya, MN dijerat Pasal 363 Ayat (1) ke-5e KUHPidana Tentang Pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara.