Ribuan Mahasiswa Aceh Barat Gelar Aksi Protes Pemukulan Mahasiswa

211
Ribuan mahasiswa Kabupaten Aceh Barat, Selasa (25/9/2019) melangsungkan aksi , di Bundaran Pelor Meulaboh,.

MEULABOH, DILIPUTNEWS.COM – Ribuan mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi di Kabupaten Aceh Barat, Selasa (25/9/2019) melangsungkan aksi mengecam tindakan kekerasan pihak kepolisian terhadap mahasiswa di Medan, Bengkulu, Kendari, Gowa Raya dan Makasar.

Massa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Anti-Penindasan dan Peduli Demokrasi itu, membawa sejumlah poster serta spanduk bertuliskan 11 tuntutan di bundaran Pelor Meuaboh, Aceh Barat.

Kekerasan yang dilakkukan pihak kepolisian kepada mahasiswa di Medan terjadi ketika mahasiswa menyuarakan hak politiknya, hingga berujung pada pemukulan dan pelemparan batu, oleh oknum kepolisian.

“Ini sangat tidak pantas, polisi terlalu arogan, kami mendesak agar Kapolda Sumut segera melakukan tindakan tegas terhadap pemukulan mahasiswa tersebut,” teriak para peserta aksi.

Selain itu, dalam Aksinya mahasiswa juga menuntut pihak kepolisian mengusut tuntas kasus temuan narkoba di Pendopo Bupati Aceh Barat beberapa waktu lalu.

“Kapolres Aceh Barat segera mengusut tuntas kasus ganja di Pendopo dan mempublikasikan setiap perkembangan kasus itu kepada masyarakat,” teriak Mudasir, salah seorang koordinator aksi.

Selain kasus temuan narkoba di Pendopo Bupati Aceh Barat, mahasiswa juga mendesak pihak kepolisian mengusut tuntas kasus operasi tangkap tangan (OTT) tim Saber Pungli terhadap beberapa aparatur sipil negara (ASN) Dinas Pendidikan Aceh Barat.

“Masyarakat harus mengetahui sejauh mana perkembangan kasus temuan ganja di pendopo dan kasus OTT, sebab ini adalah cerminan penegakan hukum di negara kita yang mesti dituntaskan dan masyarakat mengetahuinya,”tambahnya.(red)