Rasidin : KIP Bantah Tiadakan Deklarasi Kampanye Damai Karena Tak Ada Dana

386

ACEHJAYA,DILIPUTNEWS.COM – Terkait pemberitaan yang mengatakan KIP Aceh Jaya tentang tiadakan pelaksanaan Deklarasi Kampanye Damai serentak karena diduga tidak ada dana itu tidak benar adanya, hal itu dalam sanggahan disampaikan oleh Rasidin, S.Ag Sekretaris KIP setempat melalui pers rilis kemedia ini, rabu 25/9/2018.

Menurutnya pelaksanaan Deklarasi Kampanye Damai dalam rangka pemilu serentak tahun 2019 tidak benar tidak terlaksana di Kabupaten Aceh Jaya, karena pada tanggal 16 September 2018 telah dilaksanakan yang di prakarsai oleh Polres Aceh Jaya yang dihadiri oleh semua Unsur, Pimpinan Parpol, Forkopimda termasuk penyelenggara mulai dari PPK Panwascam dan juga Panwaslu.

Berkenaan dengan tanggal 23 September 2018 KIP tidak lagi melaksanakan Ikrar Pemilu Damai itu karena deklarasi Pemilu Damai tersebut baru saja berlangsung beberapa hari mengingat tujuan dan outputnya sama , maka Komisioner KIP Aceh Jaya memutuskan untuk tidak membuat lagi karena walaupun tetap dibuat oleh KIP Aceh Jaya Out Putnya Sama. Pesertanya juga Sama. Jadi pertimbangannya itu bukan masalah ketiadaan dana.

“ Kita di Aceh Jaya telah terlaksana Deklarasi kampanye Damai yang diprakasai oleh Polres, karena Output sama dengan yang dilakukan oleh KIP dan peserta juga hampir sama,” kata Rasidin.

Ia menjelaskan,pelaksanaan Deklarasi Pemilu Damai kali ini juga berpedoman pada surat Surat Ketua KPU RI Nomor,1031/Pl.02.4-SD/06/KPU/IX/2018 tentang Kegiatan Deklarasi Kampanye Damai serentak Pemilu 2019 yang ditujukan hanya bagi KIP/KPU Provinsi. Namun bila Kab/Kota juga melaksanakan tentu lebih bagus.

Dan kedepan, KIP Aceh Jaya juga akan membuat kegiatan lain yaitu kegiatan Jalan santai yang nantinya akan kita undang para Caleg Semua Partai Politik peserta Pemilu serta semua Unsur penyelenggara baik PPS, PPK maupun Panwascam dengan harapan baik sesama penyelenggara maupun sesama Caleg dapat berinteraksi untuk mewujudkan pemilu yang sejuk dan damai. Yang sudah kita rencanakan, tinggal kita koordinasi dengan pihak terkait serta pembentukan Panitia.

“ Kita kedepan akan melaksanakan kegiatan lain yang intinya sama juga dengan acara deklarasi kampanye damai dengan mengundang semua unsur baik Forkoimda, partai politik, caleg, PPS, PPK dan semua masyarakat dengan acara jalan santai bersama,” Cetus Rasidin.[]