Peringati WCD, Relawan Bebaskan Bumi Aceh Barat Dari Sampah

364
Aksi Peringati WCD, Relawan Bebaskan Bumi Aceh Barat Dari Sampah

MEULABOH, DILIPUTNEWS.COM – Memperingati Hari Bersih-bersih Sedunia atau World Cleanup Day (WCD), Berbagai komunitas dan relawan di Kabupaten Aceh Barat, melakukan aksi pungut sampah di semenanjung pantai Suak Ribee.

Aksi sosial sedunia, World Cleanup Day (WCD) yang digelar di Aceh Barat, Sabtu (15/9) ini serentak di dilkukan oleh 150 negara. Ada 380 juta relawan di seluruh dunia. Sementara di Indonesia, ada 13 juta relawan dari Sabang sampai Merauke.

“Dari 700 peserta yang mendaftar, yang hadir hari ini sekitar 300 orang lebih dari berbagai kalangan dan didominasi oleh pelajar dari semua perguruan tinggi di Aceh Barat dan pengiat sosial,” kata Ketua organisasi Timoeh, selaku panitia, Zainul Asri.

Zainul, menjelaskan Ada berbagai komunitas yang tergabung dalam kegiatan tersebut, seperti Bflf, SSD, BEM FKM, DPM FKM, UKM kebencanaan UTU, GenBI, PMI Aceh barat , IAKMI Aceh barat dan Keluarga Besar alumni FKM-UTU.

“Selain komunitas juga hadir dari kalangan mahasiswa dari kampus yang berada di seputaran meulaboh,” katanya.

Dia menambahkan, di Aceh Barat, peserta membersihkan sampah plastik yang berserakan di darat sampai sampah dalam selokan, di pekarangan masjid serta sepanjang jalan hingga ke pantai Desa Suak Ribee.

“Kegiatan ini sebenarnya lebih kepada edukasi, kita mengajak masyarakat jangan membuang sampah sembarangan. Seperti kita lihat di Aceh Barat masih banyak tumpukan sampah yang dibuang oleh warga bukan pada tempatnya,” tuturnya.

Dia berharap, kegiatan seperti ini dapat menjadi sebuah kebiasaan dan rutin oleh masyarakat daerah setempat, sehingga secara perlahan Indonesia bisa mengurangi produksi sampah dan mengurai produksi sampah di laut.(red)