14 Ribu Peserta Ikuti Tari Gemu Famire Di Aceh Barat

191
14 Ribu Peserta Ikuti Tari Gemu Famire Di Aceh Barat

MEULABOH, DILIPUTNEWS.COM – Sedikitnya 14 ribu peserta sukseskan tarian Gemu Famire untuk pemecahan Museum Rekor Indonesia (Muri) dalam rangka memperingati HUT TNI ke – 73 tahun 2018 di Provinsi Aceh.

“Untuk pemecahan rekor Muri Tari Gemu Fa Mi Re di wilayah Kodam IM ini melibatkan 14.000 peserta yang meliputi lokasi Banda Aceh 7.000 orang, Lhokseumawe 3.500 orang dan Meulaboh 3.500 orang,”kata Pangdam IM Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko, dalam sambutannya yang dibacakan Danrem 012/TU Kolonel Inf Aswardi, SE, di Meulaboh, Selasa.

Peserta terdiri terdiri dari Prajurit TNI, unsur Forkopimda, masyarakat dan Persit, serta pelajar untuk wilayah Korem 012 TU diikuti oleh Aceh Barat dan Nagan Raya sebanyak 3.500 peserta memadati lapangan hijau Meulaboh.

Tari Gemu Famire yang berasal dari Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), kegiatan itu diselenggarakan serentak di seluruh Indonesia dalam rangka menyambut HUT TNI ke 73 melalui ?memecahkan rekor Muri, peserta tari terbanyak di dunia.

Dalam sambutan Pangdam IM itu disampaikan, terima kasih dan penghargaan setinggi – tingginya kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan dan berpartisipasi menyukseskan kegiatan yang digelar secara serentak di seluruh wilayah Indonesia dari Aceh sampai Merauke.

Lebih lanjut, Pangdam IM mengatakan semangat kebersamaan dan antusias yang telah para peserta tunjukan merupakan aktualitasi diri dalam rangka menanamkan dan meningkatkan daya kreativitas yang tinggi, sehingga bisa menciptakan kegembiraan dan menjalin keakraban.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan nilai – nilai kebersamaan dalam rangka membina mental dan kepercayaan diri masyarakat agar terus maju di masa mendatang yang penuh dengan tantangan,” ungkap Pangdam.

Sementara itu Dandim 0105/Abar Letkol Kav Nurul Diyanto, mengungkapkan, kemeriahan dan semangat peserta di lapangan Teuku Umar, Aceh Barat sangat luar biasa, walaupun awalnya sempat terkendala oleh guyuran hujan.

“Alhamdulilah tiba – tiba hujan pun terhenti pada saat pelaksanaan, dalam kondisi lapangan berlumpur tidak menghilangkan semangat peserta dan pendukung dalam mensukseskan kegiatan tersebut,”sebutnya.

Kodim 0105 Aceh Barat memobilisasi unsur persit kartika ranting XXVIII Kodim 0105/Abar turut memeriahkan tari Famire yang di selenggarakan oleh Korem 012/TU, bersama beberapa unsur terkait yang terdiri dari, TNI/Polri, Persit KCK Koorcab Rem 012/TU, Bhayangkari, Forkopimda serta siswa dan siswi.

“Hasilnya tari gemu Famire di Aceh Barat berhasil dengan sempurna, berkat motifasi dan kerja keras semua unsur yang terlibat,” demikian Letkol Kav Nurul Diyanto.(Red/Ant)