Aceh Barat Pertahankan Gelar Juara 6 di PKA 7 Aceh

198
Penutupan PKA 7, Plt Gubernur Aceh Memberikkan Hadiah Kepad Para Pemenang PKA 7 @2018

DILIPUTNEWS.COM, BANDA ACEH – Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) 7 yang telah berlangsung sejak tanggal 5 Agustus 2018 secara resmi ditutup oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang Republik Indonesia Sofyan A Djalil, Rabu (16/8/2018) malam bertempat di Taman Sultanah Safiatuddin Banda Aceh.

Dalam perhelatan akbar tersebut, Kabupaten Aceh Barat keluar sebagai Juara Harapan III atau Juara 6 dengan nilai 1.100.

sedangkan Juara Umum/Juara I diraih Kabupaten Aceh Selatan dengan nilai 1.870, Juara II diraih Kabupaten Aceh Besar dengan nilai 1.820, Juara III diraih Kota Banda Aceh dengan nilai 1.740, sedangkan Juara Harapan I dan Harapan II masing-masing Kabupaten Bireuen dengan nilai 1.520 dan Kabupaten Aceh Tengah dengan nilai 1.510.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Aceh Barat melalui Sekretaris Dinas Ibnu Abbas mengatakan rasa syukurnya atas keberhasilan Kontingen Aceh Barat meraih Juara Harapan III pada ajang PKA 7 ini.

“Alhamdulilah kontingen Aceh Barat berhasil mendapatkan Juara Harapan III untuk keseluruhan dan Juara Harapan III untuk ketegori anjungan terbaik, kita sudah berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat Aceh Barat” ujarnya.

Ia menambahkan untuk kedepannya akan berusaha memperbaiki segala kekurangan yang ada, sehingga kedepannya Aceh Barat bisa mendapatkan hasil yang lebih baik lagi di ajang PKA selanjutnya.

Pada ajang PKA 7 ini Kontingen Aceh Barat juga meraih Juara Harapan III Anjungan Terbaik, Juara 7 Meurukun, Juara 6 Bouh Gaca, Juara 10 Cipta Baca Puisi, Juara 3 Mobil Hias, Juara 6 Putroe Bungong, Juara 5 Melukis, Juara 1 dan 4 Genteut Putra, Juara 2 dan 4 Geunteut Putri, Juara 6 Jalo, Juara I Tabak dan Galah Masen, Juara 4 Seudati Tunang dan Juara 2 Kerajinan anyaman.

Pemerintah Aceh juga memberikan Anugerah Budaya Syah Alam dalam ajang PKA 7 ini kepada 4 orang Budayawan Aceh Barat yang selama ini telah berjasa melestarikan dan memperhatikan budaya sejak PKA pertama digelar hingga PKA ke-7 tahun ini yaitu Alm Km Yusuf Ismar, Teuku Ahmad Dadek, Rosni Idham dan Cut Asiah Daud. (*)

Pada acara penutupan PKA 7 diwarnai dengan atraksi seni budaya seperti Tari Meusaho yang dibawakan oleh 28 penari, selanjutnya tampil pula musik the sound of Aceh yang menampilkan instrument music perkusi Aceh yang dikolaborasikan dengan pembacaan puisi Fikar W Eda, penutupan PKA 7 juga dimeriahkan atraksi teut bude trieng oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang Republik Indonesia Dr. Sofyan A. Djalil, Plt. Gubernur Aceh Nova Iriansyah, Pandam Iskandar Muda Teuku Abdul Hafil Fuddin dan Wakapolda Aceh Suriyanto Tarah.