Cegah HIV/AIDS, Mifa Gelar Penyuluhan Kesehatan Bagi Karyawan

67
Kepala Teknik Tambang PT Mifa Bersaudara, Adi Risfandi menyampaikan materi dalam pelatihan pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS di tempat kerja, Sabtu (4/8/2018) siang. Foto/Istimewa.

DILIPUTNEWS.COM, ACEH BARAT – Sebagai upaya untuk menerapkan pola hidup sehat bagi para seluruh pekerja yang berada di area operasional pertambangan, PT Mifa Bersaudara madakan seminar HIV/AIDS, Sabtu (4/8/18).

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman terhadap pencegahan dan pengendalian HIV/AIDS bagi seluruh karyawan di lingkungan kerja.

Anggota Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Aceh Barat, dr Suhada Suhada yang juga merupakan dokter di RSU Cut Nyak Dhien Meulaboh, dalam pemaparannya mengatakan saat ini sudah ada 15 kasus HIV/AIDS di Aceh Barat yang pernah terdata oleh tim medis.

Diantaranya masih dalam pantauan dinas kesehatan dan rumah sakit serta juga sudah ada yang meninggal dunia.

“Kegiatan yang dibuat oleh PT Mifa ini adalah yang diharapkan oleh pemerintah karena adanya bentuk kepedulian pihak swasta terkait penanggulangan HIV/AIDS di Indonesia, mengingat memang trend pada kasus ini di Indonesia saat ini cenderung meningkat” papar Suhada.

Kepala Teknik Tambang PT Mifa Bersaudara Adi Risfandi menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu kebijakan perusahaan dalam melakukan pembinaan terhadap program pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS di tempat kerja.

Lebih lanjut, Adi menjelaskan bahwa program seperti ini nantinya akan diintensifkan dan diwajibkan kepada semua Penanggung Jawab Operasional (PJO) serta mitra kerja agar mensosialisasikan dan mengkampanyekan hal ini kepada semua karyawan yang aktif bekerja di area operasional tambang.

“Dengan adanya acara ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan meningkatkan kesadaran karyawan tentang bahaya HIV/AIDS serta dapat saling berbagi ilmu nya sampai ke keluarga, kerabat maupun teman sehingga secara otomatis akan membentuk kesadaran secara lebih luas dan menyeluruh terhadap pengendalian HIV/AIDS ini”, papar Adi. (*)