Harga Telur Ayam masih Mahal di Aceh Barat, Begini Kata Satgas Pangan

101
Tim satgas pangan melakukan pengecekan harga telur ayam di pedagang dan distributor di kawasan Gampa, Meulaboh, Selasa (24/7/2018) siang. Foto Diliputnews.com

DILIPUTNEWS.COM, ACEH BARAT-Tim satgas pangan yang terdiri dari kepolisian, TNI, Bulog serta Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi Aceh Barat, Selasa (24/7/2018) siang melakukan razia dan pemantauan terkait masih tingginya harga telur ayam di wilayah ini.

Kegiatan ini dilakukan dengan cara mendatangi sejumlah agen dan distributor telur yang beroperasi di Aceh Barat seperti di Kompleks Pasar Bina Usaha Meulaboh serta sejumlah pedagang besar.

Tim juga melakukan pemantauan serta distributor yang menyalurkan telur ayam ke kabupaten tetangga seperti Nagan Raya dan Aceh Barat.

Semua telur ayam di wilayah ini didatangkan dari Medan, Sumatera Utara.

Berdasarkan hasil pemantauan satgas pangan, harga telur ayam yang dijual pedagang masih tinggi yakni berkisar Rp 43 ribu hingga 45 ribu per papan (isi 30 butir).

Biasanya saat harga normal, harga telur ayam tersebut dijual seharga Rp 32 ribu hingga Rp 35 ribu/papan.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan Koperasi Kabupaten Aceh Barat, Teuku Erwansyah MSi mengatakan pemantauan yang dilakukan tim satgas pangan tersebut, bertujuan melakukan pengecekan harga telur yang kini masih tinggi dijual ke konsumen.

Meski harga yang dijual pedagang besar sudah mulai turun di kisaran harga Rp 43 ribu per papan, pihaknya harga telur dapat segera normal.

Tim Satgas Pangan juga tidak menemukan adanya pedagang yang nakal dan tidak menemukan adanya pedagang yang menimbun telur dalam jumlah besar.

Para pedagang juga mengaku selama ini kebutuhan telur ayam oleh konsumen dan masyarakat di wilayah ini juga mengalami peningkatan dari biasanya. (*)