Empat Bacaleg di Nagan tak Lulus Baca Alquran, Semuanya dari Partai Nasional

158
Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Nagan Raya, Muhammad Yasin. Foto/istimewa.

DILIPUTNEWS.COM, NAGAN RAYA-Sebanyak empat orang bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) yang akan bertarung di Pemilus 2019 di Kabupaten Nagan Raya, dipastikan gugur setelah calon wakil rakyat di kabupaten ini tak bisa baca Alquran dalam tes yang dilaksanakan pada pekan lalu.

Informasi yang diperoleh Diliputnews.com, Senin (23/7/2018) siang dari sumber terpercaya di Nagan Raya menyebutkan, para caleg yang gugur karena tak bisa baca Alquran tersebut semuanya berasal dari partai nasional.

Sedangkan kandidat bacaleg yang diusung dari partai lokal, dipastikan lulus seleksi baca Alquran.

Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Nagan Raya, Muhammad Yasin yang dikonfirmasi Diliputnews.com, Senin siang membenarkan bahwa empat orang Bacaleg yang diusung oleh sejumlah partai nasional di kabupaten ini gugur alias tak bisa diikutsertakan dalam Pemilu Legislatif pada tahun depan.

“Ya, semuanya gagal karena tak lulus seleksi baca Alquran, yang merupakan syarat mutlak untuk bisa menjadi Bacaleg,” kata Muhammad Yasin.

Para kandidat yang sudah dinyatakan gugur tersebut dipastikan harus diganti oleh kandidat lain, serta wajib lulus baca Alquran supaya bisa bertarung di pesta demokrasi pada tahun depan, ungkapnya. (*)