Diwarnai Isak Tangis, Kasus Perusakan Rumah Warga Diselesaikan Secara Damai

127
Kapolres Aceh Barat AKBP H Raden Bobby Aria Prakasa SIK didampingi Ketua MAA, H Tjut Agam, Wakil Bupati Banta Puteh Syam, Dandim 0105 Letkol Kav Nurul Diyanto, menyaksikan proses perdamaian antara warga Desa Alue Bakong dan Alue Lhok, Kecamatan Bubon, di mapolres setempat, Minggu (23/7/2018) sore. Foto/Diliputnews.com.

DILIPUTNEWS.COM, MEULABOH-Kasus perusakan rumah warga yang terjadi di Desa Alue Bakong oleh sejumlah warga di Kecamatan Bubon, Kabupaten Aceh Barat, akhirnya diselesaikan secara damai setelah difasilitasi oleh Forkompimda Aceh Barat dalam musyawarah di Mapolres setempat di Meulaboh, Minggu (22/7/2018) sore.

Meski berlangsung dalam suasana isak tangis bercampur haru, kasus yang sempat menghebohkan masyarakat di wilayah ini akhirnya bisa diselesaikan tanpa melalui proses penegakan hukum.

Rapat ini dipimpin Kapolres Aceh Barat AKBP H Raden Bobby Aria Prakasa SIK dan dihadiri Wakil Bupati Aceh Barat, Banta Puteh Syam MM, Dandim 0105 Aceh Barat Letkol Kavaleri Nurul Diyanto, Ketua Majelis Adat Aceh (MAA) Aceh Barat H Tjut Agam, serta perwakilan masyarakat, aparatur desa serta awak media dan perwira polisi.

Dalam pertemuan ini, antara korban dan pelaku sepakat menyelesaikan kasus ini secara kekeluargaan dengan penyelesaian akhir di tingkat Kecamatan Bubon, dan tidak akan melanjutkan kasus ini ke ranah hukum.

Catatan Diliputnews.com, penyelesaian kasus ini tergolong cepat dan tidak membutuhkan waktu selama 24 jam.

Pasalnya, upaya penyelesaian ini dilakukan secara terbuka dengan melibatkan seluruh perwakilan komponen pemerintah, intansi serta sejumlah kalangan di Aceh Barat.

Hal ini juga menjadi salah satu prestasi Kapolres Aceh Barat AKBP H Raden Bobby Aria Prakasa SIK, yang mampu menyelesaikan masalah di masyarakat melalui pendekatan secara persuasif, komunikatif, serta mengedepankan azas musyawarah dan mufakat, adat serta sesuai ajaran agama Islam.

Meski diselesaikan secara perdamaian, dalam pertemuan ini Kapolres Aceh Barat AKBP H Raden Bobby Aria Prakasa SIK, menegaskan dirinya akan mengambil tindakan tegas, apabila nantinya masyarakat atau pelaku mengulangi perbuatannya dengan melakukan aksi perusakan.

“Untuk kali ini saya bisa tolerir, karena sudah disepakati untuk diselesaikan secara kekeluargaan dan musyawarah. Tapi kalau nanti diulang lagi, saya minta maaf, pelakunya pasti saya tindak tegas,” kata kapolres. (*)