PSI, Hanura dan Partai Garuda tak Bisa Ikut Pileg 2019 di Nagan Raya, Kok Bisa?

68
Pj Sekretaris Komisi Independen Pemilihan (KIP) Nagan Raya, Juni Safriadi SE. Foto/Diliputnews.com

DILIPUTNEWS.COM, NAGAN RAYA-Sebanyak tiga partai nasional peserta Pemilu 2019, dipastikan tidak bisa mengikutsertakan bakal calon anggota legislatif pada gelaran pesta demokrasi yang akan berlangsung tahun depan di Kabupaten Nagan Raya.

Masalahnya, tiga partai ini masing-masing Partasi Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Garuda, serta Partai Hanura hingga batas penutupan pendaftaran pada Selasa (17/7/2018) tengah malam tidak mendaftarkan diri guna menyerahkan berkas bacalegnya.

Pj Sekretaris KIP Nagan Raya, Juni Safriadi SE kepada Diliputnews.com, Rabu (18/7/2018) siang di Suka Makmue mengatakan akibat tidak melakukan penfdaftaran hingga batas waktu yang telah ditentukan, maka tiga partai nasional dari total 20 partai peserta pemilu kali ini, tidak bisa mengikuti pesta demokrasi tahun depan.

Ia menjelaskan, sebetulnya PSI sudah mendaftarkan diri melalui aplikasi pencalonan (Silon) ke KIP Nagan Raya, dengan melengkapi sejumlah persyaratan administrasi bacaleg.

Namun hingga berakhirnya pendaftaran bara Selasa tengah malam, pengurus dari partai besutan Grace Natalie tersebut tidak mendaftarkan diri dengan menyerahkan sejumlah berkas pendaftaran yang telah ditentukan.

Atas tindakan ini, maka dipastikan PSI di Nagan Raya tidak bisa mengikuti tahapan pemilu.

Sedangkan untuk Partai Garuda dan Hanura, memang sejak awal tidak mendaftarkan diri melalui aplikasi pencalonan yang telah disediakan oleh KPU pusat di KIP Nagan Raya, tutur Juni Safriadi. (*)