Sebagian Besar Kepala SKPK di Nagan Raya Dijabat Pelaksana Tugas, Kok Bisa?

103
Anggota DPRK Nagan Raya, Teuku Cut Man. Foto/istimewa.

DILIPUTNEWS.COM, NAGAN RAYA-Sejumlah kepala dinas, badan dan kantor di jajaran Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, kini masih dijabat oleh pejabat yang berstatus pelaksana tugas atau pejabat yang belum definitif.

Penelusuran yang dilakukan Diliputnews.com, sebanyak 14 jabatan pejabat eselon IIa tersebut dijabat oleh pejabat yang ‘berlabel’ pelaksana tugas (lihat daftar).

Anggota DPRK Nagan Raya,Teuku Cut Man yang dimintai tanggapannya, Minggu (15/7/2018) siang di Nagan Raya mengatakan pihaknya mengaku prihatin dengan kondisi tersebut.

Menurutnya, jabatan pimpinan SKPK yang dijabat oleh pejabat berstatus pelaksana tugas atau pejabat, dinilai hanya akan melemahkan kinerja pemerintah daerah, karena pejabat tersebut memiliki keterbatasan wewenang dalam melaksanakan tugas.

Berbeda dengan pejabat yang sudah defitinif, karena pejabat tersebut memiliki tugas dan wewenang penuh atas suatu jabatan yang dipercayakan kepada dirinya.

“Jadi, saran saya, Pemkab Nagan Raya harus segera melelang jabatan ini supaya pejabatnya semua berstatuf definitif, sehingga program pemerintah dapat berjalan dengan baik dan tidak mengalami hambatan atau kendala apa pun nantinya,” katanya.

Yang ia khawatirkan, andai nantinya pejabat yang sudah berstatus pelaksana tugas tersebut nantinya tiba-tiba diganti dengan pejabat definitif, tentu hal ini akan membuat pejabat lama akan kecewa.

Oleh karena itu, ia menyarankan Pemkab Nagan Raya harus segera menyikapi persoalan ini dengan bijak dan baik, sehingga nantinya tidak mengalami kendala dalam menjalankan tugas demi melayani kepentingan seluruh masyarakatdi kabupaten itu, pinta Cut Man.(*)

Daftar nama Kepala SKPK di Nagan Raya yang menjabat sebagai Plt:

– Siti Zaidar SE Plt Kadinkes
– Bustami SP MPd Plt Kadisdik
– TR Pahlawan SP Plt Kadinsos
– Ika Suhanas Plt Kadis Perhubungan
– H Agusdi SSos Plt BKP-SDM
– Hamidi SE Plt BPBD
– Drs Ujang MM Plt DPMGP4
– Irwansyah ST Plt Kadis Perumahan Rakyat dan Permukiman
– M Nasir SP Plt Kadis Kelautan dan Perikanan
– Chairul Akbar SPd Plt Inspektorat
– Bustami SAg Plt Kadisbudparpora
– Ali Munir SE MSi Plt BPKD
– Drs Jailaini Plt Kadis Transmigrasi
– Said Hamazali SPd Plt Kadis Syariat Islam