Aceh Jaya, Aceh Barat, Nagan Raya Ajukan Diri Calon Tuan Rumah PORA 2022

85
Ketua tim penjaringan dan penyaringan calon tuan rumah PORA XIV/2022, H Faisal Saifuddin saat memberikan penjelasan pendaftaran bakal calon tuan rumah PORA kepada utusan dari Kota Langsa, di Sekretariat KONI Aceh, Banda Aceh, Jumat (29/6) sore. (Foto Antara Aceh/Sudirman Mansyur).

DILIPUTNEWS.COM, BANDA ACEH-Enam kabupaten/kota di Aceh, secara resmi telah mendaftar sebagai bakal calon tuan rumah Pekan Olahraga Aceh (PORA) XIV tahun 2022 ke KONI Aceh.

Ketua tim penjaringan dan penyaringan calon tuan rumah PORA Aceh ke XIV 2022, H Faisal Saifuddin kepada wartawan di Banda Aceh, mengungkapkan keenam kabupaten/kota tersebut mendaftarkan diri di hari yang bersamaan pada Jumat (29/6/2018) di Sekretariat KONI Aceh.

Keenam daerah itu adalah Kota Langsa, Kota Lhokseumawe, Kabupaten Pidie, Kabupaten Nagan Raya.

sedangkan Kabupaten Aceh Jaya dan Aceh Barat mengajukan diri sebagai tuan rumah bersama.

“Meskipun pendaftaran telah dibuka sejak 8 Juni 2018, semua bakal calon tuan rumah baru mendaftar di hari terakhir, 29 Juni 2018,” jelas Faisal yang juga Wakil Ketua Umum V Bidang Antar Lembaga, KONI Aceh ini.

Ia menjelaskan, untuk calon tuan rumah PORA sengaja dibuat sistim penjaringan dan penyaringan yang dimulai sejak dini, agar kabupaten/kota benar-benar siap ketika terpilih sebagai tuan rumah.

“Kita mengikuti sistem seperti penjaringan dan penyaringan tuan rumah PON,” katanya.

Bagi kabupaten/kota yang mendaftar diwajibkan melengkapi syarat antara lain, surat permohonan dari Ketua Umum (Ketum) KONI, dukungan tertulis dari bupati-walikota, DPRK dan MPU setempat.

Uang pendaftaran sebesar Rp15 juta, dan surat jaminan berupa uang sebesar Rp250 juta.

“Khusus untuk uang jaminan Rp 250 juta baru diserahkan setelah kabupaten/kota bersangkutan ditetapkan secara resmi sebagai tuan rumah PORA XIV tahun 2022,” jelasnya.