Rusak Bertahun-tahun, Jembatan Gantung Gunong Nagan Menunggu Ambruk

80
Kondisi lantai Jembatan Gantung di kawasan Gunong Nagan, Kecamatan Beutong, Nagan Raya, yang kini mulai lapuk akibat termakan usia. Foto direkam Selasa (19/6/2018) siang.

DILIPUTNEWS.COM, NAGAN RAYA-Sebuah jembatang gantung yang menghubungkan antara Desa Gunong Nagan dengan sejumlah desa lainnya seperti Blang Seumot, Tuwi Bunta, Blang Masjid, Kecamatan Beutong, Kabupaten Nagan Raya kini terancam ambruk ke dalam sungai.

Informasi yang diperoleh Diliputnews.com, Selasa (19/6/2018) siang menyebutkan akses tranportasi warga yang rusak di kawasan pedalaman tersebut, hingga kini konstruksinya sudah semakin parah mengalami kerusakan akibat termakan usia.

Selama ini, keberadaan jembatan gantung tersebut sangat dibutuhkan warga karena menjadi satu-satunya akses transportasi masyarakat guna menjual aneka hasil kebun, palawija serta akses jalan bagi anak-anak yang akan bersekolah.

“Sudah lima tahun jembatan gantung ini rusak, namun hingga saat ini belum pernah ditangani secara serius oleh pemerintah daerah,” kata Aji, warga Gunong Nagan, Kecamatan Beutong, Nagan Raya kepada Diliputnews.com, Selasa siang.

Ia menjelaskan, guna memperbaiki kerusakan lantai jembatan yang kian parah, masyarakat di wilayah ini terpaksa melakukan gotong-royong dan secara swadaya guna mengganti papan yang mulai lapuk akibat termakan usia.

Masyarakat di kawasan ini berharap pemerintah daerah harus turun tangan secepatnya guna mengatasi persoalan tersebut, sebelum timbulnya korban jiwa apabila sewaktu-waktu jembatan ini ambruk ke dalam sungai.

Aji mengakui warga melalui aparat desa sudah pernah mengusulkan supaya jembatan ini diperbaiki secara permanen, namun hingga pertengahan Juni 2018, masyarakat belum mendapatkan kepastian apakah kerusakan jembatan gantung di desa mereka akan diperbaiki atau pun tidak.

“Kami berharap jembatan gantung yang sudah mulai rusak dan lapuk termakan usia segera diperbaiki, karena kalau nantinya jembatan ini putus, maka dipastikan akses masyarakat akan putus total,” ungkapnya. (*)