Api Hanguskan 1,5 Hektare Lahan Gambut di Aceh Barat

41
Seluas 1,5 hektare lahan gambut di kawasan Gampong Seuneubok Teungoh, Kecamatan Arongan Lambalek, Aceh Barat, terbakar akibat pembakaran lahan. Foto direkam Rabu (6/6/2018) siang.

DILIPUTNEWS.COM, MEULABOH-Seluas 1,5 hektare lahan gambut di kawasan Arongan Lambalek, Aceh Barat kembali terbakar dan menyebabkan sebagian aktivitas masyarakat di wilayah ini terganggu.

Lahan yang terbakar ini berada di pinggir jalan lintas Meulaboh-Banda Aceh tepatnya di kilometer 46, Gampong Seunebok Tengoh, Kecamatan Arongan Lambalek.

Menurut informasi, lahan yang terbakar ini merupakan lahan gambut yang baru saja ditanami kelapa sawit oleh pemiliknya.

Meski sudah berusaha dipadamkan secara mannual, namun upaya ini tetap saja gagal.

Beruntung, petugas kepolisian dari Polsek Arongan Lambalek, TNI dan BPBD Aceh Barat tiba di lokasi dan langsung melakukan pemadaman.

Hasilnya, kebakaran lahan yang melanda kawasan tersebut berhasil dipadamkan.

Kapolres Aceh Barat AKBP Raden Bobby Aria Prakasa SIK melalui Kapolsek Arongan Lambalek, Ipda Fitriadi kepada awak media, Kamis (7/6/2018) mengatakan kebakaran lahan diketahui pertama kali diketahui setelah petugas melakukan patroli rutin.

“Kalau kemarin 3 damkar kita kerahkan untuk memadamkan api yang memang sangat membesar dan berhasil padam, hari ini hanya satu damkar dan juga berhasil memadamkan apinya,” tuturnya.

Pihaknya menghimbau masyarakat agar berhati-hati saat beraktivitas di kebun, dan diminta tak melakukan pembakaran lahan guna melakukan pembersihan, untuk menghindari kebakaran lahan seperti yang terjadi selama ini, ungkap Ipda Fitriadi. (*)