Digugat ke PN Meulaboh, Kata Juragan: Seleksi Komisioner KIP Nagan Sudah Sesuai Aturan

169
Wakil Ketua DPRK Nagan Raya, Samsuardi. Foto/Arsip/Diliputnews.com.

DILIPUTNEWS.COM, SUKA MAKMUE-Wakil Ketua DPRK Nagan Raya, Samsuardi alias Juragan mengatakan gugatan yang dilayangkan Komisioner KIP setempat, ke Pengadilan Negeri Meulaboh, Aceh Barat terhadap pimpinan DPRK setempat dinilai salah alamat dan telah sesuai dengan aturan yang berlaku.

Pasalnya, upaya yang sedang dilakukan DPRK Nagan Raya untuk menjaring Komisioner KIP yang baru periode 2018-2023 sama sekali tidak bertentangan dengan aturan hukum yang berlaku.

“Apa yang kami lakukan ini sudah sesuai dengan aturan, tidak ada yang dilanggar,” kata Samsuardi kepada wartawan, Selasa (1/5/2018) siang.

Ia menjelaskan, sebelum dilakukan perekrutan, pihaknya sudah melakukan berkoordinasi dengan KPU Pusat bahwa perekrutan komisioner KIP Nagan Raya untuk periode lima tahu ke depan, sudah sesuai dengan aturan yang berlaku dan tak ada masalah apa pun.

Pria yang akrab dipanggil dengan sebutan Juragan ini juga menambahkan, klaim oleh Komisioner KIP Nagan Raya yang menyatakan bahwa berdasarkan Qanun Aceh nomor 6 tahun 2016 tentang penyelenggara pemilihan umum, disebutkan dalam pasal 5 ayat (7): masa kerja Kip aceh dan Kip kabupaten/kota 5(lima) tahun terhitung sejak pelantikan adalah salah kaprah.

Menurutnya, komisioner KIP Nagan Raya telah dipilih sejak tahun 2013 lalu dan kebetulan karena ada persoalan dengan hukum, sehingga mereka dilantik terlambat sambil menunggu adanya keputusan hukum yang tetap dari Mahkamah Agung (incrach).

“Kalau tidak boleh kami pilih yang baru komisionernya kan tidak mungkin, KIP ini bukan lembaga pribadi,” tegasnya.

Ia menyatakan, pihaknya tetap akan melaksanakan tahapan pemilihan komisioner sesuai dengan aturan yang berlaku, dan memastikan tak akan mundur meski persoalan tersebut sudah digugat ke Pengadilan Negeri Meulaboh.

“Kalau memang komisioner KIP sekarang mau ikut daftar dalam penjaringan kami persilahkan, semuanya dilakukan secara terbuka untuk umum,” tegas Samsuardi.