Kesadaran Kedisiplinan PNS Abdya Masih Rendah

21
PNS Ilustrasi

PNS Ilustrasi
PNS Ilustrasi

BLANGPIDIE | DiliputNews.com – Komandan Kodim (Dandim) 0110/Abdya Letkol Inf Suhartono menilai kedisiplinan pegawai negeri sipil (PNS) di Jajaran Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) masih rendah. Pasalnya, pada saat pelaksanaan upacara hari kesadaran nasional yang berlansung di halaman kantor bupati setempat, Selasa (17/2), banyak PNS yang terlambat.

Hal itu dikatakan Dandim Suhartono usai memimpin upacara hari kesadaran nasional, yang dimulai sekira pukul 08.30 WIB. Padahal seluruh pegawai sudah diberitahu bahwa pelaksanaan upacara dimulai pukul 08.00 WIB.

“Kondisi seperti itu sudah menjadi kebiasaan bagi PNS kita, maka dari itu, setiap Dandim Abdya yang memimpin upacara, kita tidak membiarkan PNS masuk ke barisan kalau mereka datangnya terlambat pada saat upacara sedang berlansung,” ungkapnya.

Persoalan disiplin waktu, lanjut Dandim Suhartono, bukan hanya berlaku untuk TNI atau Polisi saja, namun juga harus menjadi cerminan bagi PNS yang juga sebagai aparatur pemerintah. Jadi dalam mengabdi dan berbakti kepada negara, salah satunya dengan meningkatkan kedisiplinan.

“Apalagi ini menyangkut dengan hari kesadaran nasional, seharusnya PNS harus sadar akan pentingnya disiplin sebagai seorang abdi pemerintah yang sama-sama digaji oleh negara,” lanjut Dandim.

Dalam amanat upacara, Dandim Suhartono, menyampaikan, pelaksanaan upacara hari kesadaran nasional setiap bulannya bertujuan untuk merefleksikan makna akan kesadaran berbangsa dan bernegara serta rasa nasionalisme di dalam hati masing-masing khususnya peserta upacara dari TNI/Polri dan PNS.

Dengan peringatan ini di harapkan mampu untuk memperbaharui dan memperkuat kesadaran dan semangat sebagai PNS kedepannya.

“Dalam konteks demikian kami patut mengingatkan kepada segenap jajaran aparatur pemerintah Abdya agar momentum pelaksanaan apel kesadaran ini hendaknya di jadikan motivasi,” paparnya dalam amanat Bupati Abdya.

Untuk itu seluruh pegawai pemerintah di tuntut agar semangkin mengedepankan, etos kerja yakni kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas serta loyalitas yang tinggi dalam penanganan mekanisme administrasi pemerintahan.

Upacara hari kesadaran nasional dengan tema mari kita tingkatkan semangat kebangsaan yang penuh disiplin jujur dan iklas dalam rangka memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat Kabupaten Abdya, juga dihadiri Sekda Abdya Drs Ramli Bahar, Kapolres Abdya AKBP Budi Samekto SIK, Kajari Blangpidie Umar Z SH MH, Asisten Pemerintahan Hanafiah AK, Asisten Ekonomi Pembangunan, M Nafis A Manaf, Asisten Administrasi Umum Amrizal SSos, bertindak sebagai Komandan Upacara (Dan Up) Kapten Inf Arbi, sejumlah peserta dari Personil Kodim, Personil Kompi E 115 / ML, Polres, Satpol PP dan WH, Polhut dan PNS. (Red/Zal)