Hend Traktor Bertambah, Tanam Serentak Masih Lamban di Abdya

51
Hend Traktor Bertambah Di Abdya

Hend Traktor Bertambah Di Abdya
Hend Traktor Bertambah Di Abdya

BLANGPIDIE | DiliputNewS.com – Meskipun Hend Traktor terus bertambah di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), namun upaya pemerintah setempat, dalam menjalankan program tanam serentak masih belum maksimal dan terkesan lamban.

Kondisi itu diakui oleh beberapa masyarakat Petani di Abdya, dimana ada sebahagian wilayah sedang dalam masa mengolah tanah sementara disebahagiannya lagi sudah mulai memasuki masa panen. “Di Abdya dalam masa tanam 2014 belum serentak, sebab ada lokasi lahan pertanian yang sudah panen, ada juga yang masih dalam masa olah tanah,” kata Umar petani di Kecamatan Tangan-Tangan, Kabupaten Abdya.

Sementara itu, pada Rabu (11/2) pemerintah kembali menambah bantuan Hend Traktor sebanyak 44 unit termasuk 5 unit Mesin Pompa Air yang di serahkan melalui Dinas Pertanian dan Peternakan (Distannak) Kabupaten Abdya kepada sejumlah kelompok tani setempat, guna membantu para petani dalam mengolah lahan supaya prosesnya lebih maksimal termasuk untuk meningkatkan hasil panen bagi masyarakat petani.

“Seharusnya dengan bantuan tersebut, upaya tanam serentak pasti akan maksimal, tetapi sayangnya juga belum terlaksanakan,” singkat para petani lainnya.

Sementara itu, Kepala Distannak Abdya melalui Kabid Usaha Tani, Bansawan Siregar, Rabu (11/2) selesai menyerahkan bantun tersebut, mengatakan, selaku perpanjangan dari pemerintah pihaknya menyerahkan kepada para kelompok tani tersebut Hand Traktor sebanyak 44 unit dan 5 unit Mesin Pompa Air.

Pengadaan itu, lanjut Bansawan Siregar, melalui dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) tahun 2014 yang diserahkan kepada Satker wilayah Aceh, selanjutnya disalurkan ke Kabupaten Abdya dengan jumlah yang telah ditentukan.

“Kita hanya sebagai penyalur, bukan pemegang proyek pengadaan tersebut, karena semuanya itu ditender di tingkat pusat, setelah kita terima dari provinsi, lansung kita serahkan kepada sejumlah kelompok tani penerima dalam kabupaten Abdya,” tuturnya.

Bansawan menjelaskan, di Abdya ada 9 kecamatan, jadi mulai dari Kecamatan Babahrot menerima 4 unit Hend Traktor, Kuala Batee sebanyak 5 unit, kemudian Jeumpa sebanyak 6 unit, Susoh sebanyak 6 unit, Blangpidie berjumlah 5 unit, selanjutnya Kecamatan Setia sebanyak 5 unit, Tangan-Tangan sebanyak 5 unit, Manggeng sebanyak 4 unit dan Lembah Sabil sebanyak 4 unit.

Sementara untuk kelompok penerima bantuan Mesin Pompa Air, diserahkan kepada kelompok tani di Kecamatan Babahrot 1 unit, Kuala Batee 2 unit, Blangpidie 1 unit dan Setia 1 unit. “Sebenarnya masih banyak kelompok tani di Abdya, namun dari jumlah tersebut baru bisa terpenuhi sebanyak 44 kelompok penerima Hand Traktor dan 5 kelompok tani penerima Mesin Pompa Air, kita berharap kedepan akan ada penambahan lagi,” harapnya.

Ditanya mengenai sistem pengelolaan sejumlah Hand Traktor tersebut, Bansawan menerangkan, akan dikelola oleh kelompok tani secara menyeluruh, termasuk perawatannya. “Jadi bantuan tersebut bukanlah milik pribadi mereka, tapi masih merupakan aset daerah, jadi sewaktu-waktu kita bisa saja menarik kembali apabila terjadi masalah dilapangan,” terangnya lebih lanjut.

Selain Hand Traktor, tambah Bansawan, Distannak Abdya juga memiliki 14 unit Traktor Besar dari pengadaan tahun 2013, 10 unit Traktor tersebut dalam keadaan rusak. Kemudian pada tahun 2014, Distannak kembali menerima bantuan Traktor Besar sebanyak 4 unit. “Jadi total keseluruhan Traktor Besar yang berfungsi sebanyak 8 unit, sementara 10 unit itu akan kita upayakan perbaikannya dengan segera mungkin,” demikian paparnya.(Red/Zal)