Korban Debu, Demo Bupati Aceh Barat

  • Whatsapp
Korban Debu, Demo Bupati Aceh Barat
banner 468x60
Korban Debu, Demo Bupati Aceh Barat
Korban Debu, Demo Bupati Aceh Barat

MEULABOH | DiliputNews.com – Puluhan kaum ibu-ibu yang berasal dari Desa lintasan truk batubara, Kamis (18/9), sekitar pukul 09:30 WIB melakukan aksi unjuk rasa ke Kantor Bupati Aceh Barat.

Aksi tersebut didampingi oleh sejumlah mahasiswa Aceh Barat, mereka menuntut agar pemerintah memperhatikan nasib mereka yang selama ini menelan debu batu bara milik dua perusahaan yang sedang beroperasi di Aceh Barat.

Muat Lebih

banner 300250

Peserta aksi mayoritas dari kalangan ibu-ibu dan anak-anak sambil membentangkan karton bertuliskan tuntutan “Pemerintah Jangan Hanya Diam, Hentikan Aktivitas Batubara di Desa Kami”.

Para kaum ibu- ibu tersebut juga meneriakan yel-yel, Pemerintah Aceh Barat segera menutup jalan rute truk batubara didesa mereka yang menuju hauling batubara milik perusahaan PLTU Nagan Raya, dan PT Mifa Bersaudara.

“Kami hanya korban debu batu bara, anak kami sudah ada terinfeksi penyakit isfa postif, aktivitas batubara harus ditutup di desa kami,” teriak peserta aksi.

Usai menyampaikan tuntutan, tidak ada seorang pejabat daerah yang turun untuk menampung keluhan warga. Seorang petugas keamanan dari pihak kepolisian setempat, mnuturkan Bupati dan Wakil Bupati sedang tidak ada di tempat.

“Jika ingin menyampaikan keluhan, silahkan tiga orang perwakilan masuk ke dalam,” kata petugas keamanan. Namun permintaan tersebut ditolak mentah-mentah oleh para peserta aksi.

Koordinator Aksi Munawir, mengatakan dua perusahaan yang mengangkut batubara di wilayah permukiman masyarakat, telah sangat kelewatan batas seperti banyaknya batu bara yang tercecer sepanjang jalan, sehingga menyebabkan debu.

“Pemerintah daerah tidak mempedulikan nasib masyarakat yang selama ini mengeluh dengan banyaknya debu batu bara yang diangkut melintasi pemukiman warga,” katanya.

Kata Munawir, jika Bupati Aceh Barat tidak merespon aspirasi warga, korban batubara ini akan memblokir jalan lintasan truk batubara dan akan membangun tenta pada tengah jalan.(Red/Af)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60