Debu Batu Bara Bisa Mematikan Warga Aceh Barat

  • Whatsapp
banner 468x60
Debu Batu Bara Bisa Mematikan Warga Aceh Barat
Debu Batu Bara Bisa Mematikan Warga Aceh Barat

MEULABOH | DiliputNews.com – Puluhan mahasiswa di Aceh Barat, menggelar aksi teatrikal bahayanya debu batu bara yang merusak kesehatan warga, di Simpang Pelor, Meulaboh, Kamis (4/9) sekitar pukul 14.00 WIB.

Protes yang dilancarkan mahasiswa itu, selama ini banyaknya debu batu bara yang tumpah ke badan jalan saat diangkut menggunakan truk, sehingga bisa berisiko terkena penyakit paru-paru kepada masyarakat.

Muat Lebih

banner 300250

“Aksi ini sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat dan pemerintah daerah, bahwa debu batu bara dapat menyebabkan kangker paru-paru, ganguan pernafasan, brokitis kronis, asma bahkan bisa mematikan warga,”kata Koordinator aksi Rahman.
Ia juga mengatakan perusahaan yang selama ini beroperasi melakukan bongkar muat batu bara di kawasan Desa Suak Indra Puri sudah merusak lingkungan dan membuat masyarakat terinfeksi berbagai penyakit.

“Masyarakat yang berada di kawasan pengangkutan batu bara sangat beresiko tinggi terhadap kesehatan, sudah terbukti ada beberapa warga yang positif terkena penyakit infeksi debu batu bara,” ungkapnya.

Ia mengaku treatrikal tersebut, mengambarkan seorang ibu hamil tua sedang menjalani proses persalinan, tubuhn anak baru dilahirkan dalam kondisi cacat. Hal tersebut dampak dari zat debu batubara yang selama ini terhirup oleh sang ibu.
“Itu menggambarkan, betapa bahayanya zat debu batubara kalau terhirup,” ujarnya.

Ditambahnya, mahasiswa tidak menuntut untuk ditutup usaha pertambangan di Aceh Barat, namun Pemerintah Daerah harus lebih intensif melakukan pengawasan operasional pengangkutan batu bara yang kini terindikasi merusak kesehatan warga.

“Jika pemerintah tidak serius dan tidak memperhatikan kesehatan masyarakat, kita akan menggelar aksi yang lebih besar lagi,” katanya menambahkan.(Red/Af)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60