Polres Abdya Gelar Ops Zebra Rencong 2013

oleh
Polres Abdya Gelar Ops Zebra Rencong 2013
Polres Abdya Gelar Ops Zebra Rencong 2013
Polres Abdya Gelar Ops Zebra Rencong 2013

BLANGPIDIE | DiliputNews.com – Dalam rangka untuk mengetahui sejauhmana kesiapan personel maupun sarana pendukung lainnya, Kepolisian Resort Aceh Barat Daya (Polres Abdya) menggelar Apel Pasukan operasi (Ops) Zabra Rencong tahun 2013, Kamis (28/11) dihalaman Kantor Mapolres setempat.

Sebagai Inspektur apel, Kapolres Abdya AKBP Eko Budi Susilo Sik, membacakan amanat dari Kapolri Jenderal Polisi Drs. Sutarman, dalam sambutan itu disampaikan, sebagai mana diketahui bersama, bahwa untuk kelancaran berlalu lintas sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan perekonomian. Permasalahan lalu lintas dewasa ini, telah berkembang sangat pesat, karena tumbuh lebih cepat dari upaya untuk memecahkan masalah berlalu lintas itu sendiri.

Dalam konteks ini, perkembangan itu kian cepat disebabkan tingginya pertumbuhan penduduk, bertambahnya jumlah kendaraan, kurangnya modal transfortasi dan rendahnya kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas.

“Yang perlu menjadi perhatian serius kita yaitu tentang pelangaran lalu lintas yang berpotensi menyebabkan kemacetan dan kecelakaan berkendaraan terutama yang mengakibatkan korban jiwa dan kerugian materil,” ungkapKapolres Eko Budi Susilo

Lanjutnya, sebagai keseriusan pemerintah terhadap berbagai permasalahan lalu lintas yang terjadi, maka pemerintah telah menerbitkan instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2013, tentang program dekade aksi keselamatan jalan. “Program ini bertujuan untuk mewujudkan keselamatan berlalu lintas dijalan raya, yang meliputi manajemen keselamatan jalan, keselamatan pengguna jalan dan penanganan pra maupun pasca kecelakaan,” terusan amanatKapolri.

Lebih lanjut, oporasi itu, akan dilaksanakan selama 14 hari, terhitung mulai tanggal 28 November sampai dengan 11 Desember 2013, yang akan dilaksanakan serentak oleh Polda-Polda diseluruh wilayah Indonesia, dengan mengedepankan pola operasi dan cara bertindak penegakan hukum yang didukung oleh tindakan preventif dan preemtif untuk menumbuhkan kesadaran tertib berlalu lintas.

Secara singkat selesai pelaksanaan Apel, Kapolres Eko Budi Susilo didampingi Kasat Lantas Polres Abdya AKP M. Saepudin kepada DiliputNews.com mengatakan, oporasi ini sasarnya adalah pengendara yang tidak mematuhi aturan dan tata tertib berlalu lintas, untuk itu pihaknya akan menindak tegas terhadap pelanggaran-pelanggarantersebut.

“Adapun sasaran prioritas pada operasi Zebra ini adalah berbagai pelanggaran yang berpotensi memicu dan menyebabkan terjadinya kemacetan lalu lintas, seperti salah satunya menerobos lampu merah, tidak memakai helm, pengendara dibawah umur dan kendaraan yang tidak dilengkapi surat kendaraan,” ujarnya singkat (Red/Zal)