Dinskes Aceh Barat Kampanye Kawasan Dilarang Merokok

oleh
Dinskes Aceh Barat Kampanye Kawasan Dilarang Merokok
Dinskes Aceh Barat Kampanye Kawasan Dilarang Merokok
Dinskes Aceh Barat Kampanye Kawasan Dilarang Merokok

MEULABOH | DiliputNews.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Aceh Barat, kampanyekan kawasan dilarang merokok disejumlah tempat di Kabupaten setempat, seperti sekolah, institusi pelayanan kesehatan.

Kepala Seksi Promosi Kesehatan Dinkes Aceh Barat, Kartini, SE, M.Kes mengatakan kempanye kawasan dilarang merokok tahap awal dilakukan dengan perlombaan design baliho, yang melibatkan sebanyak 18 peserta yang mengangkat tema “Tertib rokok, dukung kawasan tanpa rokok”.

“Dengan adanya media seperti baliho masyarakat akan mendukung untuk segera lahirnya ketentuan merokok di area yang ditentukan, seperti sekolah dan institusi pelayanan kesehatan,” kata Kartini, SE, M.Kes, Kamis (28/11).

Ia menambahkan, hasil karya pemenang juara 1 lomba desain baliho ini nantinya akan dipajang dalam bentuk baliho besar yang diletakkan diruas jalan nasional, disamping juara 2,3 dan 4 juga dibuatkan baliho ukuran kecil yang ditempatkan di area umum lainnya.

Sementara salah seorang peserta Aiyu Rahmat Firdaus mengatakan senang dengan adanya lomba semacam ini karena memacu kreatifitas para desain dalam mengembangkan karyanya, “Temanya bagus untuk menyadarkan masyarakat tentang kawasan dilarang merokok, lomba seperti ini agar terus dilanjutkan,” harapnya.

Dari amatan, peserta tampak antusias memaparkan hasil karya yang beragam, dengan memberikan penjelasan kepada empat orang dewan juri diantaranya Ners. Maimun Thasir dari Dinkes, Jopi D Saputra, SE, S.Sos dari Humas Pemkab, Sayed Pria Kesumua, SH dari DPRK, T.Woyla Bulanjana dari Dinas Perkebunan, dan Edi Mondroe dari Grafika.

Pemenang lomba ini akan mendapat hadiah berupa uang pembinaan masing-masing juara I Rp. 1.500.000 ribu, juara II Rp.1.250.000, juara III 1 juta harapan I 750 ribu dan harapan II 500 ribu rupiah. Juga tersedia hadiah hiburan untuk 10 orang pemenang.

Penyerahan hadiah untuk juara 1 sampai 5 akan diberikan pada upacara Hari Kesehatan Nasional ke 49 pada tanggal 2 Desember 2013 di halaman kantor Bupati setempat. (Red)