Pemko Banda Aceh Sosialisasi Qanun Perlindungan Anak

oleh
Pemko Banda Aceh Sosialisasi Qanun Perlindungan Anak
Pemko Banda Aceh Sosialisasi Qanun Perlindungan Anak
Pemko Banda Aceh Sosialisasi Qanun Perlindungan Anak

BANDA ACEH | DiliputNews.com –  Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Kantor Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (KPP Dan KB) Kota Banda Aceh lakukan sosialisasi Qanun Nomor 11 Tahun 2008, tentang Perlindungan Anak dan Pendataan Anak yang bermasalah dengan Hukum.

Kegiatan berlangsung, Senin, (25/11),bertempat di Aula Gedung C Balaikota Banda Aceh. Sosialisasi itu diikuti 200 peserta dari berbagai kalangan masyarakat, terutama dari perwakilan Gampong Se-Kota Banda Aceh.

Sosialisasi yang dilakukan tersebut lebih banyak melibatkan perempuan, karena perempuan dianggap berperan penuh mendidik anak-anaknya.

Kepala KPPKB Berencana,Badrunnisa,mengatakan sejak pengesahan Qanun tersebut tahun 2008 lalu, Pemko sudah membentuk forum anak, dengan cara  turun langsung ke sekolah untuk memberi pemahaman dan mengantisipasi hal-hal yang cenderung sifatnya negatif agar anak selaku  generasi benar-benar terlindungi.

Hingga saat ini,kata dia,pengaplikasian qanun ini masih berjalan secara dasar belum menuju paa kajian  yang lebih dalam untuk mengantisipasi hal-hal negatif tersebut.

“Maraknya baliho di kota Banda Aceh yang memuat materi iklan rokok dinilai secara tidak langsung dapat mempengaruhi anak untuk mencoba merokok. Perlu pengawasan dari orang tua agar anak-anak terhindar dari pengaruh iklan” kata dia.

Anak-anak sekarang menurutnya, ketika membuka internet dan kemudian melihat hal-hal yang tak mesti bagi mereka seperti melihat iklan di internet yaitu pakaian dalam wanita atau lainnya yang bersifat negatif, sangat cepat berpengarah

Kondisi tersebut, kata Badrunnisa, membuat Banda Aceh belum ramah anak,padahal, kata dia, Pemerintah Kota Banda Aceh telah mengupayakan untuk menjadi kota yang layak anak.(Red)