Program PKH Diharapkan Tanggulangi Kemisikinan

oleh
Program PKH Diharapkan Tanggulangi Kemisikinan
Program PKH Diharapkan Tanggulangi Kemisikinan
Program PKH Diharapkan Tanggulangi Kemisikinan

BLANGPIDIE | DiliputNews.com – Program Keluarga Harapan (PKH) diharapkan dapat menganggulangi kemiskinan yang ada di Kabupaten Aceh Barat Daya, sehingga program-program yang telah disusun dan rencanakan secara matang tidak melenceng dari program tersebut.

“PKH merupakan suatu program penanggulangan kemiskinan dari Pemerintah Pusat untuk memutuskan mata rantai kemiskinan,” kata Wakil Bupati Abdya, Yusrizal saat rapat koordianasi PKH di Aula Dinsosnakertrans setempat, Senin (25/11).

Rapat koordinasi  tersebut juga melakukan evaluasi terhadap kelancaran program, yang bertujuan menyamakan visi dan misi PKH pusat dengan daerah.

Dalam kelancaran program dibawah Kemensos RI itu, kata Yusrizal, sangat ditentukan oleh keaktifan dan kreatifitas para pendamping program ditingkat gampong, serta adanya kerjasama  lintas sektor SKPK yang memberikan dukungan penuh dalam memutuskan mata rantai kemiskinan di Daerah itu.

“Apalagi program pemberantasan kemiskinan juga termasuk komitmen Pemkab Abdya dalam mengurangi angka kemiskinan setiap tahunnya,” ungkapnya.

Sementara itu perwakilan Kemensos RI,Surya Widjaya, mengatakan rapat koordinasi yang diselenggarakan itu guna menciptakan visi-misi yang sepadan antara daerah dengan pusat dibawah program PKH yang dicetus kementrian itu.

Selain menyamakan presepsi terkait visi- misi, kata dia, pihaknya juga melakukan sosialisasi terkait semua program PKH kepada para pendamping PKH sekaligus melakukan validitas data kemiskinan yang bekerjasama dengan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).

Ia berharap, program PKH tersebut  dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya, pasalnya kata dia kegiatan itu tidak datang dengan sendirinya, akan tetapi semuanya dapat berjalan  tergantung pada keaktifan kepala daerah setempat.

“Kegiatan ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin, sehingga apa yang menjadi harapan kita yaitu dalam pemberantasan kemiskinan dapat segera terwujud,” ujarnya.

Lebih lanjut Surya Widjaya menyebutkan, tujuan lain dari PKH juga untuk meningkatkan kemampuan Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) dalam mengakses atau memanfaatkan pelayanan pendidikan dan kesehatan, meningkatkan status kesehatan dan gizi ibu hamil atau nifas dan bagi anak dibawah 6 tahun dari Rumah Tangga Miskin atau RTM.

“Manfaat dari PKH ini adalah untuk merubah perilaku keluarga sangat miskin dalam memberikan perhatian yang besar kepada pendidikan dan kesehatan anaknya. Untuk jangka pendek memberikan income effect kepada rumah tangga miskin melalui pengurangan beban pengeluaran rumah tangga sangat miskin,” kata Surya.

Untuk jangka panjang, kata dia, pihaknya berharap dapat memutuskan mata ratai kemiskinan antar generasi melalui peningkatan kualitas kesehatan berupa pemberian nutrisi, pendidikan dan kapasitas pendapatan anak dimasa depan (price effect anak keluarga sangat miskin).(Red/Zal)