Seekor Harimau Sumatra Terperangkap Di Abdya

oleh
Seekor Harimau Terperangkap Di Abdya
Seekor Harimau Terperangkap Di Abdya
Seekor Harimau Sumatra Terperangkap Di Abdya

BLANGPIDIE | DiliputNews.com – Seekor Harimau Sumatra (Panthera tigris sumatrae) terjerat perangkap di areal perkebunan milik warga, tepatnya lembah pergunungan Alue Dawah, Desa Suka Damai, Kecamatan Lembah Sabil, Aceh Barat Daya (Abdya), Sabtu (23/11) pagi yang berjarak sekitar tiga kilo lebih dari pemukiman warga setempat.

Akibat kejadian itu  warga sekitar kebun enggan mendekat termasuk pemilik kebun Nasir (40) juga tidak mau mengambil resiko terhadap binatang yang sangat buas itu.

Saksi mata dilokasi kejadian M. Yunus (50) warga Desa setempat, menjelaskan, pagi itu masyarakat sedang mencari durian, tiba-tiba mereka melihat dari kejauhan ada seekor binatang yang terjerat perangkap Babi.

“Mereka sempat berfikir kalau itu Babi hutan, karena perangkap yang dipasang tersebut untuk Babi hutan yang berkeliaran memakan tanaman milik warga setempat, begitu mendekat ternyata yang terperangkap adalah seekor harimau yang cukup besar dan spontan mereka kaget lalu meminta bantuan warga lainnya,” terangnya.

Beritapun begitu cepat meluas, sehingga warga mulai berdatangan untuk menyaksikan raja hutan yang sering dipanggil dengan sebutan nenek itu. Tak berlangsung lama, datang seorang Pawang Rusa dan Babi Muhammad Jalil (55) warga setempat,  mendekati Harimau yang lagi terperangkap tersebut untuk dilepas.

“Tiga Kali Pawang Jalil melangkah, Harimau mengaung dengan keras, hingga membuat warga yang menyaksikanpun terkejut, begitu dia sudah sangat dekat sambil memberikan isyarat, Harimau serontak melepaskan diri dan langsung mencakar bagian muka pawang jalil hingga berdarah,” lanjut cerita Yunus yang ditanyai DiliputNews.com dilokasi kejadian.

Harimau berhasil melarikan diri, melihat hal itu, warga dilokasi itu langsung berlarian kucar-kacir. “Pawang Jalil tidak berdaya, warga langsung melarikannya ke Puskesmas terdekat, kita kuatir Harimau itu akan turun kembali, jadi untuk sementara warga yang mempunyai kebun dilokasi tersebut terpaksa harus kembali dulu kerumahnya masing-masing, sampai situasi kondusif kembali,” ulas Yunus menambahkan.

Amatan DiliputNews.com, setelah menjalani perawatan di Puskesmas Manggeng, Pawang Jalil akhirnya dirujuk ke RSUD Teuku Peukan untuk menjalani perawatan yang lebih intensif, karena luka sayat cakar Harimau cukup dalam mengenai bagian kening dan pipi kiri sampai dibagian punggung sebelah kiri.

“Setelah kita bersihkan lukanya pasien langsung kita rujuk untuk menjalani perawatan yang lebih intensif,” kata Dokter Heri Fakrizal di Puskesmas Manggeng. (Red/Zal)