Di Aceh Belum Ada Lembaga Pemantau Pemilu 2014

oleh
Di Aceh Belum Ada Lembaga Pemantau Pemilu 2014
Di Aceh Belum Ada Lembaga Pemantau Pemilu 2014
Di Aceh Belum Ada Lembaga Pemantau Pemilu 2014

BANDA ACEH | DiliputNews.com – Ketua Divisi Hubungan Masyarakat Komisi Independen Pemilihan (KIP) Robby Syahputra mengatakan sampai saat ini belum ada lembaga baik dalam negeri maupun luar negeri yang mendaftarkan diri  untuk menjadi pemantau pemilu 2014 di Aceh.

“Belum ada satupun yg daftar, tapi biasanya waktu dekat dengan hari pemilihan baru akan banyak lembaga yang mendaftar tapi kalau untuk pemantau lokal baru ada yang bicara saja, tapi belum mendaftar secara resmi,” ujar Robby Syahputra disela acara KPU Goes To Campus, Selasa (20/11) di Universitas Islam Negeri Ar- Raniry Banda Aceh.

Selain itu, Robby juga menjelaskan untuk lembaga yang ingin mendaftarkan diri, harus sesuai dengan peraturan yang sudah dikeluarkan oleh Komisi Pemilihan Umum.

“Kalau untuk lembaga luar negeri yang mau menjadi pemantau di aceh minimal lembaga mereka harus sudah lulus agreditas, harus independen dan ada donatur yang jelas sedangkan untuk lembaga dalam negeri harus ada profil lembaga dan jumlah pemantau,” katanya.

Untuk hasil pemantau lembaga pada pemilu 2014, Robby menjelaskan harus dilaporkan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Komisi Independen Pemilihan (KIP).

“Hasil tersebut wajib dilaporkan kepada KPU/KIP,apabila mereka tidak melaporkan hasil pemantau, makan Lembaga tersebut tidak diberikan izin lagi untuk memantau pemilu yang akan datang,” jelasnya.(Red/Fz)